aneka jenis tanaman obat-obatan dan khasiatnya

Dari beberapa artikel tentang aneka jenis tanaman obat-obatan dan khasiatnya yang terdapat di internet, penulis mengkombinasikan tulisan kumpulan tentang jenis tanaman obat dalam satu tulisan.

Memang sangat banyak sekali tanaman obat yang terdapat di bumi nusantara, yang tentunya banyak khasiat dan manfaatnya. Beberapa diantara tanaman itu adalah sebagai berikut :

Jahe

jaheJahe mengandung senyawa oleoresin yang lebih dikenal sebagai gingerol yang bersifat sebagai antioksidan. Sifat inilah yang membuat jahe disebut-sebut berguna sebagai komponen bioaktif antipenuaan. Komponen bioaktif jahe dapat berfungsi melindungi lemak/membran dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Berbagai manfaat jahe yang secara tradisional sudah dikenal luas, diantaranya adalah: masuk angin, sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah), mencegah mabuk kendaraan , terkilir dan lain-lain. Jahe ini bisa dibuat  dalam bentuk minuman, seperti bandrek, wedang ronde dan lain-lain.

Kunyit

kunyitKunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan/bekas kebun. Diperkirakan berasal dari Binar pada ketinggian 1300-1600 m dpl, ada juga yang mengatakan bahwa kunyit berasal dari India. Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan. Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu: sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyit itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.

Selain kedua jenis itu masih banyak lagi, dan pada kesempatan yang lain akan saya lanjutkan tulisan ini.

Leave a Reply

  

  

  


*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>