Aneka Minuman Khas Sunda

12345

Aneka Minuman Khas Sunda

Aneka Minuman Khas Sunda memang sudah tersebar ke seluruh nusantara bahkan tersebar ke berbagai Negara. Dari mulai minuman yang berupa siap saji ataupun minuman yang di racik dalam bentuk serbuk sehingga bisa di bawa kemana pun dan bisa bertahan hingga 1 tahun seperti halnya minuman tradisional yang di produksi oleh cihanjuang inti teknik (Cintek) cimahi.

Jawa Barat dan Banten yang berada di kawasan barat pulau Jawa pun memiliki keragaman unik dan khas yang telah dikenal se-Nusantara. Di kawasan ini terdapat suku Sunda yang menjadi suku asli dan sering disebut juga dengan daerah Priangan/ Parahyangan.

Daerah di kawasan Priangan ini terkenal memiliki kekhasan wilayah yang subur serta memiliki kontur udara yang cenderung dingin dan segar. Kondisi ini menjadikan mayoritas penduduknya berprofesi di bidang pertanian dan peternakan.

 

Kebudayaan dan situasi tersebut menjadikan kawasan Barat pulau Jawa ini tempat yang disukai oleh para pendatang dan menghasilkan akulturasi pada  berbagai makanan dan minuman yang pada akhirnya membuat beragam makanan dan minuman khas Sunda menjadi dikenal dan disenangi.

 

Beberapa minuman khas Sunda yang sangat terkenal diantaranya yaitu:

 

Bandrek,

Bajigur,

Sakoteng,

Kopi Bandrek,

Coklat Bandrek,

Teh Bandrek,

Beas Cikur,

Cendol,

Goyobod,

es Lilin,

Cing-cau,

Cai Lahang,

Dan masih banyak lagi

 

Tersebarnya penduduk Jawa Barat di propinsi lainnya di Indonesia terkadang menimbulkan kerinduan akan suasana dan budaya kampung halaman. Termasuk juga kerinduan untuk menikmati beragam minuman khasnya. Di zaman modern ini, dengan tersebarnya informasi dan teknologi memberikan kemudahan bagi kita untuk bisa menikmati aneka macam minuman tradisional khas sunda ini tanpa harus datang ke jawa barat.

Leave a Reply

  

  

  


*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>