Aneka Minuman Untuk Menghangatkan Badan

Di bumi nusantara ini terdapat aneka minuman untuk menghangatkan badan yang merupakan kekayaan budaya dari berbagai daerah. Minuman yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh banyak terdapat di berbagai daerah khususnya daerah yang beriklim sejuk, seperti daerah pegunungan. Tetapi untuk daerah pesisir juga yang beriklim hangat atau panas juga minuman jenis ini cocok dikonsumsi. Bahan dasar minuman jenis ini biasanya adalah jahe yang berkhasiat dan memberi efek hangat.

Aneka Minuman Untuk Menghangatkan Badan

Beberapa minuman yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan enak dinikmati panas – panas adalah sebagai berikut :

Bandrek

bandrek Bandrek adalah minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Minuman ini terbuat dari rempah-rempah diantaranya jahe, gula aren, kayu manis, cengkeh, kapulaga, bahkan ada juga yang menggunakan cabai. Selain rempah-rempat di atas, sebagai bahan tambahan suka ditambahkan susu dan kelapa.

 

 

Teh Talua

teh taluaTeh Talua atau Teh Telur adalah minuman khas Sumatera Barat. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung. Teh talua biasanya diminum oleh para petani yang hendak meladang, sebagai penambah stamina kerja.

 

 

Wedang Ronde

OLYMPUS DIGITAL CAMERAWedang ronde merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa. Wedang sendiri berarti minuman. Wedang ronde adalah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde. Ronde sendiri terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tanah dan gula merah. Konturnya kenyal ketika digigit. Biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling, dan potongan roti di dalam minuman tersebut.

 

Minuman tradsional tersebut selain nikmat disajikan dalam keadaan panas atau hangat, juga memberikan efek hangat baik pada tenggorokan maupun badan. Minuman-minuman tersebut biasanya disajikan pada saat hujan atau pada malam hari ketika suhunya lebih rendah dari biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*