artikel tentang khasiat jahe

jahe

Ketika penulis mencari artikel tentang khasiat jahe di mesin pencari google, terdapat kurang lebih 2 juta artikel, sungguh merupakan hal yang luar biasa. Satu hal yang pasti, ketika banyak orang menulis tentang khasiat jahe, tentu pencari artikel tersebut lebih banyak lagi.

Sebagaimana kita ketahui jahe adalah salah satu tanaman rempah – rempah yang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Jahe memiliki rasa yang pedas karena jahe mengandung senyawa keton yang memiliki nama ilmiah zingeron. Jahe memiliki beberapa jenis yang berdasar pada warna rimpangnya, ukurannya dan bentuknya. Berdasarkan warna rimpangnya terdapat jenis jahe : Jahe merah merupakan jahe yang paling pedas mempunyai kandungan minyak atsiri yang tinggi. Oleh sebab itu jahe jenis ini amat cocok digunakan sebagai bahan jamu dan obat – obatan farmasi. Berdasarkan namanya jahe jenis ini memiliki kulit yang berwarna merah dan memiliki rimpang yang kecil, namun jahe merah memiliki serat yang lebih besar dibandingkan dengan jahe lainnya. Jahe kuning adalah jenis jahe yang sering digunakan sebagai bumbu masak. Jahe jenis ini memiliki aroma yang tajam. Berdasarkan namanya jahe ini memiliki warna kuning dengan memiliki rimpang yang sedang. Jahe Gajah (Badak) adalah jahe yang paling populer di pasar internasional. Berdasarkan namanya jahe ini memiliki ukuran yang besar / gemuk dan tidak terlalu pedas. Jahe ini berwarna kuning hingga putih.

Khasiat Jahe Sejak dahulu telah diyakini dapat memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan, antara lain : Membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi, dikarenakan mempunyai kemampuan melebarkan pembuluh darah dengan merangsang pelepasan hormon adrenalin sehingga darah dapat melancarkan peredaran darah. Melancarkan proses pencernaan, sebab dalam jahe terkandung enzim protease dan lipase yang bertugas untuk mencerna protein dan lemak dalam tubuh, membantu dalam mengeluarkan darah kotor yang ada dalam tubuh, keluarannya bisa berupa keringat, mengatasi rasa mual atau ingin muntah, meningkatkan nafsu makan, menguatkan otot usus, meredakan batuk dan lain-lain.

Di Indonesia banyak kita temui berbagai macam pengolahan jahe untuk kesehatan seperti wedang jahe, bandrek, sekoteng dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga diolah menjadi berbagai bentuk olahan agar menjadi lebih praktis. Tanaman Penguat Sistem Imun Sistem kekebalan tubuh sangat dibutuhkan dalam mengerjakan rutinitas sehari-hari. Sistem imun memberikan perlindungan bagi tubuh Anda terhadap bakteri, virus, jamur, racun dan berbagai jenis patogen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*