Bandrek Aneka Rasa

Bandrek adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat. Minuman ini cocok untuk dihidangkan pada saat-saat yang dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bandrek pada awalnya dikenal di daerah sunda dikonsumsi sebagai minuman penghangat tubuh oleh mereka yang tinggal di daerah dataran tinggi yang dingin. Dalam perkembangannya bandrek ini juga dikenal di Medan dan berbagai daerah lain di indonesia. Bahan dasarnya yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri agar hangatnya lebih terasa. Selain itu terdapat bandrek aneka rasa yang dikombinasikan dengan jenis minuman yang sudah terlebih dahulu ada.

Seperti kita ketahui, ada berbagai minuman yang sudah familiar seperti kopi, teh, dan coklat. Ketiga jenis minuman tersebut dapat dikombinasikan dengan bandrek yang mempunyai efek menghangatkan tubuh.  Kombinasi tersebut akan menghasilkan  bandrek yang bercitra rasa.

Hanjuang sebagai salah satu merk minuman tradisional yang sudah banyak dikenal masyarakat memproduksi bandrek dengan berbagai citra rasa ini, selain dari bandrek original tentunya.  Produk kombinasi tersebut adalah kopi bandrek, enteh bandrek dan coklat bandrek. Satu lagi produk minuman tradisional instan dari hanjuang adalah bandrek spesial. Dikatakan spesial dikarenakan ada tambahan bahan yang bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas tubuh, yakni ekstrak buah pinang dan ginseng. Jenis bandrek spesial ini khusus diperuntukan bagi yang sudah dewasa. Selain jenis bandrek, hanjuang juga memproduksi minuman tradisional lainnya seperti bajigur, kopi bajigur, sekoteng dan beas cikur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*