Beragam Cara Menikmati Minuman Bandrek

Minuman Bandrek dapat dibuat dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh di pasar.  Bahan utamanya adalah Jahe dan gula merah yang ditambahkan dengan rempah-rempah lainnya seperti daun pandan, cengkeh, kayu manis, garam, kelapa dan susu.

bandrek kelilingBandrek dapat dinikmati dengan berbagai cara dan variasi, mulai dari membuat sendiri, membeli siap saji, ataupun menikmati di cafe terserah pilihan Anda. Biasanya secara tradisional bandrek dijajakan secara berkeliling dan dinikmati sambil menyantap rebusan pisang, ubi kayu, kacang tanah, ataupun goreng-gorengan seperti bala-bala, comro. Jika Anda sering main ke Bandung dan senang bersepeda, tentunya ada juga satu tempat yang terkenal yang menjual bandrek ini, namanya warung bandrek. Letaknya ada di kawasan dago utara, tempat ini sering menjadi persinggahan para bikers dan pecinta alam karena berada di rute menuju salah satu kawasan wisata Taman Hutan Raya di kawasan Dago. Tapi di kota-kota besar saat ini penjual bandrek keliling agak sulit ditemui dan sebagai penggantinya bandrek sekarang dapat ditemui di cafe-cafe modern.

Menikmati minuman bandrek hanjuang

Nah, buat Anda yang belum bisa menikmati dan datang, tentunya tidak usah berkecil hati karena saat ini bandrek ada juga yang dikemas dalam bentuk yang praktis dan unik. Bandrek hanjuang produksi CV Cintek adalah pilihan yang bisa jadikan alternatif untuk menikmati bandrek tanpa kehilangan orisinalitasnya. Dikemas dalam bentuk serbuk instan yang siap seduh, Anda dapat mencoba minuman bandrek ini. Mau diseduh dan dinikmati hangat bisa atau kalau mau mencoba sensasi lain bisa dicoba diminum dingin dengan menambahkan es dan dikocok terlebih dahulu seperti minuman “milk shake“.

Buat Anda yang penasaran ingin mencoba membuatnya bisa juga mencobanya di rumah. Berikut ini salah satu cara yang sering dijadikan resep membuat minuman bandrek:

Bahan-bahan :

  • Air bersih = 500 ml;
  • Jahe (dibakar dan dimemarkan) = 100 gr;
  • Gula merah (ditumbuk halus) = 200 gr;
  • Daun pandan = 2 lembar
  • Cengkeh = 5 butir
  • Kayu manis = 5 cm
  • Garam = 1/2 sendok teh

 Cara menyiapkan:

Semua bahan digabung menjadi satu kesatuan.Rebus air dalam panci hingga mendidih serta mengeluarkan aroma khas bandrek yang berasal dari jahe. Setelah itu angkat lalu saring dengan saringan halus. Nah, bandrek pun siap untuk disajikan dalam keadaan hangat. Selamat mencoba!

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*