Cara Pembuatan Minuman Bajigur

Minuman BajigurPernah mendengar minuman bajigur? Bagi orang sunda mungkin minuman ini sudah tidak asing, walaupun minuman ini kalah pamor dengan minuman modern tetapi keberadaannya diyakini akan tetap eksis karena rasa dan aromanya yang khas dan bersifat tradisional. Sifat tradisional inilah yang akan memberikan asumsi bahwa minuman ini tidak terkontaminasi dengan bahan pengawet. Cara pembuatan minuman bajigur akan dibahas dalam tulisan selanjutnya di bawah ini

Bajigur bisa kita dapatkan biasanya pada malam hari dari seorang pedagang gerobak. Seorang penjual bajigur biasanya melengkapinya dengan aneka makanan tradisional pula seperti pisang rebus, ubi rebus, dan kacang rebus. Namun apakah terpikir jika kita berusaha mencoba membuatnya sendiri?  Kenapa tidak?

Bagi yang ingin mencoba bajigur buatan sendiri di sini akan diuraikan cara pembuatannya. Tapi jangan geer dulu bahwa buatan sendiri akan enak … 🙂

Cara membuat bajigur tidak terlalu sulit dan bahannya pun relatif mudah didapat, adapun bahan dan cara pembuatan bajigur adalah sebagai berikut:

BAHAN :
1 sendok makan gula pasir
1 helai daun pandan
2 sendok makan kolang kaling
4 sendok teh kopi
4 sendok makan gula merah
4 1/2 mangkuk santan
Garam secukupnya

CARA MEMBUAT :
– Cucilah kolang-kaling sampai bersih lalu rebus dan jangan lupa diiris kecil-kecil
– Rebuslah santan dengan gula, garam serta daun pandan
– Apabila sudah mendidih masukkan kopi, dan segera angkat dari perapian, kemudian saring
– Semua bahan masukkan dalam mangkuk , dan tuangi dengan bajigur (air rebusan tersebut)

Setelah selesai coba cicipi, apakah enak? Jangan bilang gak enak ya… hargai buatan sendiri, tetapi kalau memang rasanya kurang mantap kita bisa mengutak-atik komposisi dan bahan, atau tanyakan kepada ahlinya.

Selamat mencoba!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*