Cemilan / Panganan Khas jawa barat

Jawa barat memang kaya akan jenis-jenis camilan, kalo harus menghitung ada berapa macam jenis cemilan atau panganan yang ada di jawa barat mungkin ada puluhan jenis. Di antara jenis cemilan yang ada di jawa barat memiliki tingkat kepopuleran di kalangan masyarakat itu sendiri dan bisa sampai terkenal ke luar jawa barat. Ada beberapa jenis makanan atau cemilan yang ada di jawa barat yang menjadi makanan keseharian di masyarakat jawa barat diantaranya yaitu ; bala-bala, gehu, comro, cimol, tahu sumedang, kecimpring, ubi cilembu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut saya akan jelaskan beberapa jenis panganan atau cemilan yang ada di jawa barat;

Bala-bala

Bala-bala sebenarnya merupakan nama lain dari bakwan. Tentu, Anda sudah sangat familiar dengan salah satu jenis gorengan ini, bukan? Namun, ada beberapa perbedaan dari bala-bala yang menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat ini daripada bakwan pada umumnya.

Secara umum, baik bala-bala ataupun bakwan menggunakan tepung terigu dan campuran sayuran untuk bahan utama. Namun, dalam hal ini, bala-bala menggunakan sayuran yang lebih banyak jumlahnya daripada bakwan biasa. Selain itu, makanan khas Jawa Barat ini memiliki bentuk yang lebih pipih daripada bakwan.

Bentuknya yang berbeda membuat bala-bala terasa lebih renyah daripada bakwan biasa. Nah, menyantap salah satu makanan khas Jawa Barat ini dengan ditemani segelas teh hangat di sore hari adalah salah satu kenikmatan hakiki yang bisa Anda rasakan!

 

Gehu

Pernahkah Anda mendengar nama makanan yang satu ini? Nah, gehu adalah salah satu makanan yang sangat terkenal dan dianggap sebagai camilan nikmat dengan harga yang sangat merakyat.

Awal mula dinamakan gehu merupakan singkatan dari dua buah bahan yang di satukan yaitu toge dan tahu yang merupakan bahan dasar pembuatan makanan ini.

Gehu dibuat dengan bahan utama tahu. Tahu tersebut diiris dengan bentuk segitiga dan berukuran cukup besar. Setelah itu, di dalam tahu diberikan isi berupa sayuran seperti toge, kol dan wortel yang kemudian ditambahkan bihun. Bahkan, makanan khas Jawa Barat juga diisi dengan gilingan cabai untuk rasa yang lebih pedas.

Nah, kemudian, gehu digoreng setelah di lumuri dengan adonan tepung. Biasanya, gehu hanya dijual dengan harga Rp. 1.000 hingga Rp. 3.000 saja per buah.

 

Combro

Combro masuk dalam daftar makanan khas Jawa Barat yang perlu Anda kenal. Makanan khas ini seringkali disebut dengan nama gemet dan sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Barat.

Bahan dasar untuk membuat makanan khas Jawa Barat ini adalah singkong yang diparut lalu diisi dengan sambal oncom dan dibentuk menjadi bulatan. Setelah itu, adonan digoreng hingga matang lalu siap disantap.

Perlu diketahui bahwa combro sebenarnya adalah singkatan dari oncom di jero atau ada oncom di bagian dalam. Nah, jika Anda sedang berada di Jawa Barat dan perlu camilan untuk teman minum kopi, combro bisa menjadi alternatif yang tepat.

 

Tahu Sumedang

Tampaknya, olahan tahu ini sangat terkenal dan sudah familiar di kalangan masyarakat. Ya, tahu Sumedang adalah salah satu jenis olahan tahu yang sudah tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia dan menjadi salah satu camilan yang nikmat.

Seperti namanya, makanan khas Jawa Barat ini berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Menu tahu ini memiliki bentuk kotak kecil dan kopong alias tidak ada isinya. Meskipun tampak sangat sederhana, rasa dari tahu Sumedang ini begitu gurih dan nikmat.

Selain itu, untuk penyajiannya, tahu Sumedang biasanya disantap dengan lalapan cabai rawit atau dicocol pada sambal. Nah, harga tahu Sumedang ini cukup terjangkau dan banyak dijual di tepian jalan, terutama di sore hari.

 

Cimol

Camilan khas Jawa Barat ini memang sangat terkenal bahkan di luar Jawa Barat. Nah, salah satu kuliner khas Jawa Barat ini dibuat dengan bahan dasar tepung kanji atau aci. Perlu diketahui bahwa nama cimol merupakan singkatan dari aci digemol atau aci yang dibentuk menjadi bulat-bulat.

Bahan aci tersebut dicampur dengan beberapa bahan lainnya, seperti tepung beras, tepung terigu, baking powder, merica dan garam. Nah, biasanya, cimol memiliki beberapa isi yang berbeda. Seringkali cimol diisi dengan adonan telur atau kini ada juga cimol dengan isi keju dan messes.

Dalam variasinya, makanan khas Jawa Barat dibedakan menjadi 3 jenis, yakni cimol kering, cimol basah dan cimol goreng. Cimol kering memiliki permukaan yang lebih keras dan biasanya disajikan dengan bumbu bubuk. Sedangkan cimol basah disajikan dengan saus biasa. Untuk cimol goreng, cimol basah akan digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan.

Dan masih banya lagi jenis camilan yang ada di jawa barat.

 

lihat juga aneka resep makanan dan minuman jawa barat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.