Daftar Minuman Khas Daerah Berkhasiat

daftar minuman daerah berkhasiat

Daftar Minuman Khas Daerah Berkhasiat

Daftar minuman khas daerah berkhasiat. Pada umumnya setiap minuman yang ada di daerah-daerah Indonesia khususnya mempunyai khasiat tersendiri. Masing-masing daerah meracik minuman dengan campuran dan rasa yang berbeda-beda dari memakai dedaunan, akar-akar pohon sampai ke jenis minuman yang mengandung unsur hewani. Salah satu minuman khas daerah yang berkhasiat yaitu jamu. Minuman jamu ini sudah banyak tersebar di berbagai daerah terutama di pulau jawa, ada yang menjajakannya melalui di gendong yang sering di sebut dengan jamu gendong, ada juga jamu yang berupa pil dan kapsul yang di produksi oleh perusahaan-perusahaan ternama.

Penjualan jenis dan jumlah jamu gendong sangat bervariasi untuk setiap penjaja. Hal tersebut tergantung pada kebiasaan yang mereka pelajari dari pengalaman tentang jamu apa yang diminati serta pesanan yang diminta oleh pelanggan. Setiap hari jumlah dan jenis jamu yang dijajakan tidak selalu sama, tergantung kebiasaan dan kebutuhan konsumen. Setelah dilakukan pendataan, diperoleh informasi bahwa jenis jamu yang dijual ada delapan, yaitu beras kencur, cabe puyang, kudu laos, kunci suruh, uyup-uyup/gepyokan, kunir asam, pahitan, dan sinom. selain menyediakan jamu gendong juga menyediakan jamu bubuk atau pil dan kapsul hasil produksi industri jamu.

Jamu bubuk kemasan, atau bubuk jamu yang dibuat gumpalan adonan tersebut diminum dengan cara diseduh air panas dan oleh penjual jamu gendong di seduh dengan jamu beras kencur, kudu laos atau cabe puyang menurut khasiat jamu misalnya, jamu batuk tepat bila dicampur dengan jamu beras kencur, jamu pegal linu lebih tepat dicampur dengan kudu laos, bisa juga dicampur, madu, kuning telor, dan yang minuman penutup yaitu minum jamu sinom atau kunir asam dicampur dengan jeruk nipis sebagai penyegar rasa dan penghilang bau amis jika menggunakan telor.

Jika akan minum jamu dilarang memakai kombinasi dengan obat-obatan yang dari resep dokter atau obat yang dijual bebas juga dilarang meminum minuman yang mengandung soda atau juga dilarang minum minuman yang mengandung unsur doping. Jika hal ini dilanggar bisa menimbulkan keracunan bahkan bisa menimbulkan kematian bagi pelaku. Sebaiknya jika minum obat tidak minum jamu demikian juga sebaliknya jika minum jamu jangan minum obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*