Daftar Minuman Tradisional Indonesia

12345

Daftar Minuman Tradisional Indonesia tentunya banyak sekali jenis nya, bisa dibayangkan dari mulai Sabang sampe Merauke dari berbagai macam suku daerah yang ada di Indonesia ini tiap-tiap daerah pasti punya Minuman Khas. Di daerah jawa barat saja yang saya tau ada bermacam-macam jenis minuman tradisional. Bagaimana kalau di gabungkan dari mulai aceh sampai ke papua kira-kira ada berapa macam jenis minuman tradisional yang ada di Indonesia ini. Dari beberapa jenis minuman tersebut kemungkinan juga ada yang sama jenisnya dengan minuman khas daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.

Ada beberapa Minuman Tradisional Indonesia yang sering di jumpai dikehidupan sehari hari, Minuman tersebut ada yang untuk melepas dahaga di kala haus ada juga yang mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Contoh Minuman Tradisional diantaranya:

Bandrek, Bajigur adalah minuman tradisional hangat khas masyarakat Sunda Jawa Barat, Indonesia.

Bandrek

Komposisinya ; Gula palem, gula putih, krim, jahe dan rempah-rempah.

 

Bajigur

Komposisinya ; Gula palem, Krim dan rempah-rempah

 

 Bir Pletok

Bir Pletok adalah salah satu Minuman Tradisional khas Betawi. Bir Pletok ini dibuat dari tumbuh tumbuhan dan rempah-rempah asli Indonesia, Minuman Tradisional Bir Pletok ini sangat berbeda dengan Minuman keras lho.. karena Bir yang satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Selain bisa menjadi pelepas dahaga, Bir Pletok ini justru mempunyai manfaat untuk menyegarkan dan menghangatkan badan.

Bahan utama Bir Pletok adalah jahe, kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang  dan gula. Semua bahan direbus sampai mateng, biar Bir Pletok lebih mantap di perlukan Jahe Gajah yang sudah tua atau pakai Jahe Merah yang lebih berasa pedas.

Dari berbagai jenis minuman tradisional, masih banyak lagi jenis minuman yang belum bisa saya tuliskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*