Jenis Tumbuhan Herbal dan Khasiatnya

Indonesia kaya akan berbagai jenis tumbuhan herbal, cengberikut ini beberapa jenis tumbuhan herbal dan khasiatnya yang sudah tidak bisa dipungkiri lagi khasiat dan kegunaanya.

Cengkeh
Cengkeh dihasilkan dari bunga pohon cengkeh, pohon cengkeh tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis, Indonesia sudah sejak dahulu kala dikenal sebagai negara penghasil cengkeh. Cengkeh pada jaman dahulu banyak tumbuh di daerah Malukum, sehigga mengundang bangsa Eropa datang hingga akhirnya menjadikan Nusantara sebagai negara jajahan. Sekarang ini cengkeh di manfaatkan sebagai penyedap, sedangkan kegunaan dalam bidang penyembuhan sudah dikenal ribuan tahun yang lampau.  Di daratan Cina, penggunaan cengkeh digunakan untuk menghilangkan bau mulut, sehingga Kaisar Li Shi Min memerintahkan agar rakyat yang ingin bertemu beliau harus harum dengan cara mengunyah cengkeh. Beberapa khasiatnya antara lain.
Cengkeh dianggap bisa merangsang vitalitas seksual.
Cengkeh berkhasiat sangat kuat untuk Anti bakteri, anti virus dan anti septic

Jahe
Rimpang  jahe memiliki kandungan senyawa oleoresin atau lebih dikenal sebagai gingerol, yang menjadi komponen bioaktif antipenuaan. bioaktif ini dapat berfungsi melindungi membran dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh.
Sedangkan manfaat jahe yang secara kultur tradisional sudah diakui secara luas ileh masayarkat kita adalah:

Jahe mengobati masuk angin
Ramuan: Jahe dan gula aren
Cara pembuatan :
Ambil jahe yang tua sebesar ibu jari, cuci dan memarkan kemudian direbus dengan air 500ml, tambahkan gula aren secukupnya . Didihkan lebih kurang 15 menit. Angkat dan minum saat hangat.

Jahe untuk masuk migrain (sakit kepala sebelah)
Ramuan: Ambil jahe sebesar ibu jari, bakar kemudian memarkan. Seduh dengan segelas air dan tambahkan sedikit gula aren, minum sekaligus, diminum tiga kali sehari.

Mencegah mabuk kendaraan
Ramuan: Ambil jahe seibu jari, cuci dan iris tipis-tipis, kemudian rebus dengan segelas air. Diminum hangat-hangat sebelum naik kendaraan.

Terkilir
Ramuan: Ambil jahe lebih kurang dua ruas. Cuci bersih kemudian parut, tambahkan sedikit garam, dan minyak kelapa (cocnut oil) bukan minyak sawit(minyak goreng). Balurkan ramuan ini pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukan dua kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*