Khasiat Dari Gula Merah Untuk Bajigur

Khasiat  dari gula merah untuk bajigur

gula merah

Selain bandrek, juga ada minuman yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh ketika kondisi cuaca dingin yaitu bajigur. Bajigur adalah minuman asli orang sunda yang biasa dibuat ketika cuaca sedang dingin, umumnya dijual di daerah pegunungan yang memiliki suhu dingin. Bajigur khas bandung adalah salah satu yang terkenal dan memiliki rasa yang begitu nikmat.

Cita rasa bajigur ini cenderung manis karena menggunakan gula merah yang direbus bersama santan kelapa dan rempah-rempah. Sebagai temannya, bisa pilih pisang rebus, ubi rebus, papais, atau kacang rebus.

Minuman ini terbuat dari gula aren ada juga yang pake gula merah, kopi, dan santan. Biasanya di jual di tempat wisata seperti Tangkuban Perahu atau Kawah Putih dan tersedia juga di beberapa restoran-restoran sunda. Untuk menambahkan kenikmatannya bajigur juga kadang ditambahkan vanili, jahe, pandan, dan kayu manis.

Cara membuatnya pun sangat sederhana cukup dengan merebus santan, jahe, daun pandan dan bahan lainnya kemudian sambil diaduk diatas api kecil sampai tercium bau harum. Setelah itu masukkan kopi bubuk dan gula merah. Aduk sampai gula larut. Bajigur pun siap dihidangkan.

Gula merah ataupun gula aren sangat berperan dalam pembuatan minuman bajigur. Dikarenakan sudah menjadi ciri khas minuman ini dengan rasa dan warnanya yang ke merah-merahan identik dengan warna gula itu sendiri  dan rasanya pun kalo tanpa gula merah ataupun gula aren akan terasa beda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*