Makanan dan minuman khas Indonesia

 

Makanan dan minuman khas Indonesia merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa kita yang harus kita lestarikan. Hal ini merupakan bentuk keanekaragaman  selain dari keanekaragaman bahasa, ras, agama, dan suku.

Karena begitu banyaknya makanan dan minuman khas Indonesia, maka pada tulisan ini hanya akan memaparkan beberapa makanan khas dari Bandung  saja yang merupakan ibukota Jawa Barat.  Mungkin pada kesempatan lain akan kami paparkan makanan dan minuman dari daerah – daerah lainnya

surabi bandung

Surabi Bandung :  makanan ini  kadang disebut srabi atau surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Bandung. Serabi serupa dengan pancake namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. Sekarang ini variasi dari surabi ini makin banyak bahan tambahannya, dari mulai telor, sosis, keju, dan lain-lain.

mie kocok bandung

Mie Kocok Bandung :   adalah makanan berbahan dasar mie kuning dan tauge, yang diberi kuah panas dari kaldu kaki sapi yang berasa lemaknya dan diberi toping potongan kaskus kecil. Rasanya panas dan segar, dan kalau anda pencinta pedas tinggal tambahkan sambel yang akan membuat lidah dan dahi kita berkeringat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*