Makanan dan Minuman Tradisional

minuman-minuman tradisional indonesiaDiakui oleh kita semua bahwa Indonesia kaya akan rempah-rempah dan hasil alam berupa bahan makanan dan minuman. Sejak dulu penduduk setempat meracik dan menghasilkan makanan dan minuman tradisional, maka terhidanglah beberapa sajian makanan dan minuman tradisional Indonesia yang bercita rasa tinggi dan menyehatkan. Dikatakan sehat karena minuman ini terbuat dari bahan-bahan alami yang mempunyai khasiat tersendiri serta jauh dari pengawet dan pemanis buatan.

Adapun beberapa minuman tradisonal khas indonesia yang nikmatnya diminum hangat-hangat, diantaranya:

1. Wedang jahe

Wedang jahe (bahasa Indonesia: “Teh jahe”) adalah hidangan minuman teh jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur. “Wedang” sendiri adalah bahasa Jawa yang berarti “minuman panas”, namun dalam hal ini berarti “teh”. Minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh. Minuman ini dibuat dari gula jahe dan kelapa / gula batu.

2. Bandrek

Bandrék adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia yang dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya.

3. Sekoteng

Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari.

4. Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili. Minuman yang disajikan panas ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan.

Adapun beberapa makanan tradisonal khas indonesia  diantaranya:

1.      Kue Bawang

Kue bawang yang salah satu bahan utamanya yaitu bawang ini, sudah tidak asing lagi bagi kita. Dengan aroma dan rasa bawang, membuat kue ini disukai banyak orang. Dengan menggunakan resep dan olahan yang ada, membuat kue ini begitu renyah dan enak untuk dinikmati.

Renyahnya kue bawang memang bikin kita ketagihan, apalagi sambil menikmati segelas teh hangat. Karena gurih dan renyahnya itulah anak-anak juga suka, makanya dari beberapa kue kering yang tersedia pada saat lebaran sepertinya yang cepat habis adalah kue bawang.

2.      Bika Ambon

Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Walaupun namanya mengandung kata “ambon”, bika ambon justru dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah merupakan kawasan penjualan bika ambon yang paling terkenal. Di sana terdapat sedikitnya 40 toko yang menjual kue ini. bika ambon ga usah di tanya lagi rasanya manis, enak

3.      Pendap

Pendap adalah makanan khas Bengkulu. Makanan ini sering diburu wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke daerah asal mereka, apalagi pada musim liburan Lebaran seperti saat ini.pendap terbuat dari bumbu-bumbu yang beraneka ragam, seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling. Kemudian, bahan-bahan itu dicampur merata dengan parutan kelapa muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*