Manfaat Minuman Bajigur dan Bandrek

Fungsi Tanaman JaheSalah satu minuman tradisional Indonesia  adalah bajigur. Bajigur biasanya dijual oleh pedagang keliling yang membawa gerobak dan biasanya seorang penjual melengkapinya dengan beberapa makanan hasil kebun yang direbus  seperti singkong, pisang, kacang, dan ubi.Khasiat minuman bajigur diantaranya menghangatkan badan pada saat kondisi cuaca dingin, selain itu kandungan kopi pada bajigur ini juga cocok untuk anda yang Ingin begadang, karena bajigur merupakan cara lain dari “ngopi”.

Sedangkan Bandrek adalah modifikasi dari Bajigur. Bedanya, bandrek lebih kaya akan rempah. Selain jahe sebagai bahan utamanya, bandrek  juga berisi cengkeh, sereh, dan susu. Bandrek bermanfaat menghangatkan badan, meringankan batuk dan masuk angin. Selain itu, kandungan antioksidan pada jahe di percaya mampu meningkatkan imunitas tubuh melawan patogen (penyebab penyakit). Daun pandan bisa di gunakan untuk membantu mengatasi pegal linu dan rematik. Sementara daun sereh bermanfaat untuk mengeluarkan angin dalam perut, mencegah kembung dan menambah nafsu makan. Cengkih, selain mendorong pengeluaran gas dan antimuntah, ia juga bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, antifungi, antiinflamasi dan anastesi.

Bandrek juga bisa untuk obat batuk dan sesak napas, jika kita bingung karena kita tidak tahu mencari obat yang cocok,dan terjankau, maka bandrek bisa menjadi alternatif. Adapun caranya adalah : ambil tiga ruas jahe ,lalu dibakar dikupas, di bersihkan dan kepraklah atau dimemarkan.
Jahe yang sudah dimemarkan masukan ke air panas yang mendidih jangan lupa tambahkansedikit gula batu. minumlah bandrek tersebut dalam keada’an hangat -hangat.
Lakukan di pagi dan sore hari, batukpun reda dadapun lapang dan lega.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*