Mengenal Bandrek dari Masa ke Masa

Bandrék adalah minuman tradisional khas masyarakat Priangan (Jawa Barat), Indonesia yang sering dikonsumsi dan memberikan efek menghangatkan tubuh. Minuman ini sering dihidangkan hangat-hangat di sore atau malam hari, saat cuaca dingin, di kala hujan, atau saat musim pancaroba dimana cuaca sering berubah-ubah dan biasanya badan memerlukan daya tahan tubuh lebih. Rasanya yang manis, hangat, dan pedas terasa saat minuman ini melewati tenggorokan masuk ke dalam lambung.

Minuman ini telah dikenal lama dan menyebar luas di wilayah priangan mulai dari kawasan barat Banten, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Sumedang, sampai di kawasan priangan timur Kuningan, Cirebon, Majalengka, Garut, Tasikmalaya. Saat ini dengan tersebarnya urang sunda di seluruh wilayah nusantara, bandrek pun dikenal pula hampir di semua propinsi Indonesia.
Bandrek HanjuangBahan dasar pembuatan minuman bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, namun di daerah-daerah tertentu ditambahkan pula rempah-rempah yang memperkuat efek hangat bandrék, seperti kelapa, merica, serai, pandan, pinang, ginseng, dan telur ayam kampung. Susu pun dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, bahkan ada variasi bandrék yang dikhususkan untuk meningkatkan vitalitas orang dewasa karena efek panas yang diberikan oleh komponen tambahannya seperti pinang dan ginseng.

Popularitas minuman bandrék di Indonesia menjadikan minuman ini mudah diperoleh di pasaran dan dikemas dalam berbagai kemasan mulai bentuk serbuk yang dibungkus plastik, kantong kertas, ataupun dalam bentuk cairan yang disimpan dalam botol. Beberapa variasi bandrek pun dapat menjadi pilihan kita seperti kopi bandrek, coklat bandrek, ataupun bandrek spesial untuk meningkatkan vitalitas.

Berkembangnya teknologi informasi ternyata membantu pula tersebarnya informasi minuman tradisional khas priangan ini ke seantero dunia karena dengan internet tidak ada kendala ruang dan waktu yang membatasi siapa saja untuk mengetahui dan mencicipi bandrek. Kami pun tergerak untuk ikut mempromosikan produk asli Indonesia yaitu bandrek hanjuang melalui situs online dengan harapan lebih memudahkan siapa saja yang tertarik dengan minuman ini untuk menikmatinya. Tinggal pesan secara online dan bandrek pun akan sampai ke pintu rumah Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*