Merasakan Khasiat dan Manfaat Ginseng

panax ginsengGinseng yang memiliki nama latin panax dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan sejak ribuan tahun. Semula tanaman ginseng hanya dianggap tumbuhan liar atau gulma. Pada 15 abad yang lalu saat Kaisar Wen berkuasa di Cina, ginseng sudah tercatat dalam buku kuno Kuang-wu Hsing chi. Saat itu di Desa Lu-an (saat ini masuk wilayah Propinsi Shanxi, dengan ibukota Taiyuan, dan memiliki luas wilayah 157.100 km2), saat penduduk membabat tumbuhan liar yang dianggap mengganggu lalulintas pejalan kaki. Ternyata akarnya memiliki bentuk unik yaitu menyerupai orang dengan dua tangan dan dua kaki. Sejak itulah muncul istilah gin-seng, berasal dari kata dalam Bahasa Cina jen-shen atau ren-shen (tubuh manusia).

Pada perkembangannya ginseng diyakini memiliki beragam khasiat dalam pengobatan tradisional dan sebagai bahan minuman kesehatan. Ginseng dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki sistem pencernaan (menyehatkan lambung), menyembuhkan diabetes, memperbaiki sirkulasi darah, merangsang pembentukan darah, penawar racun,  menghilangkan stress, memperkuat jantung, menurunkan kolesterol, memperkuat daya kerja limpa, menguatkan ginjal, membuat awet muda, meningkatkan gairah seks, dan sebagainya. Jika ingin mencari lebih jauh mengenai kegunaan dan khasiat tanaman ginseng, di internet terdapat banyak artikel lain yang memuatnya*).
Beberapa minuman yang mengandung ginseng pada komposisi bahan pembuatnya dari produk yang ada di hanjuang.com adalah bandrek spesial, bandrek rempah panah arjuna, dan kopi rempah panah arjuna. Di kemas dalam bungkus plastik dan alumunium dan kemasan luar kertas yang eksotis dan unik menjadikan produk ini dapat menjadi pilihan untuk menikmati minuman ginseng.

Kandungan kimia ginseng yang telah diketahui adalah glikosida (ginsenosida) dan saponin. Akar ginseng juga diketahui mengandung 16 jenis ginsenosida seperti minyak asiri , asam panax, panasena, resih, musilago, fitosterol, hormon, vitamin B, karbohirat dan selulosa.

Khasiat ginseng yang sebelumnya hanya berupa mitos dan keyakinan kemudian dapat dibuktikan secara ilmiah. Sebagai contoh, sekitar tahun 1940-an, peneliti di Jepang menguji-cobakan pemberian ekstrak akar ginseng (mengandung panaksosida, sejenis glikosida saponin) pada tikus percobaan. Ternyata, sebagian besar tikus ekornya menjadi tegang. Untuk sementara belum ada penjelasan mengenai fenomena tersebut, hanya muncul bahwa ginseng dapat menyembuhkan lemah syahwat.

Melalui kajian ilmiah sekitar tahun 1980-an, baru diperoleh jawaban, ternyata saponin ginseng dapat meningkatkan konsentrasi DNA dan RNA pada kelamin tikus jantan, sehingga tikus-tikus tersebut menjadi lebih bergairah. DNA (deoxyribonucleic acid-asam doeksiribonukleat) merupakan molekul yang menyampaikan informasi genetik atau sifat organism yang bersangkutan. Sedangkan RNA (ribonucleic acid asam ribonukleat) merupakan transkripsi DNA, yang antara lain berperan dalam cysteine, histidine, dan sebagainya). Sedangkan hubungannya dengan penyembuhan lemah syahwat pada kaum adam, dalam kondisi tertentu ekstrak akar ginseng dapat membantu, terutama jika “kelemahannya” disebabkan oleh beragam stress.  Penelitian mengenai ginseng tahun 2000 di Universitas Toronto menunjukkan bahwa ginseng dapat menurunkan 20% gula darah lebih dari plasebo.

Paduan rempah-rempah asli Indonesia dengan ginseng pada minuman serbuk instant yang tersedia di hanjuang.com dapat di pesan secara online via web, telepon, sms, ataupun email. Silakan cicipi produk UKM unggulan kota Cimahi ini dan rasakan manfaatnya!

referensi tulisan :

*) informasi lain mengenai manfaat ginseng

http://www.pantonanews.com/408-beragam-khasiat-ginseng-
http://oketips.com/2270/tips-herbal-22-khasiat-dan-manfaat-ginseng-untuk-kesehatan/
http://massaidi.blogspot.com/2011/02/manfaat-ginseng-untuk-kesehatan.html
http://health.kompas.com/read/2011/08/01/1628447/7.Manfaat.Ginseng.untuk.Kesehatan.
http://www.wattpad.com/113150-khasiat-ginseng-yang-luar-biasa

 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*