Minuman Tradisional Berkhasiat

minuman tradisional berkhasiat

Selama ini belum banyak orang yang mengetahui bahwa minuman tradisional berkhasiat sebagai obat. Minuman tradisional Indonesia umumnya memanfaatkan rempah-rempah sebagai bahan bakunya. Menurut Widowati (2004), minuman tradisional Indonesia mempunyai potensi untuk dijadikan minuman fungsional. Sebagai minuman fungsional, minuman tradisional Indonesia juga  memiliki khasiat yang penting bagi kesehatan, antara lain dapat menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, batuk, influenza, reumatik, meningkatkan stamina tubuh dan anti diare.

Minuman yang terbuat dari rempah hampir terdapat di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini tak lain disebabkan karena rempah-rempah terdapat di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa minuman Indonesia yang terbuat dari rempah-rempah, antara lain bandrek dan bajigur (Jawa Barat), bir plethok (Jakarta), wedang ronde dan wedang uwuh (Jawa Tengah), dan sarabba (Sulawesi).

Salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membuat minuman tradisional adalah jahe.  Jahe (Zingiber officinale Roscoe, Zingiberacae) adalah tanaman obat yang telah banyak digunakan sebagai obat herbal di banyak negara karena kemampuanya untuk mengobati  berbagai macam penyakit seperti artritis, reumatik, keseleo, sakit otot, sakit tenggorokan, kram, konstipasi, gangguan pencernaan, mual, hipertensi, demam, infeksi, dan lain-lain.

Selain jahe, masih banyak lagi rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan pencampur minuman tradisional, yaitu sereh, adas, cabe jawa, pinang, pala, kayu manis, gula semut dan lain sebagainya. Kesemuanya itu mempunyai khasiat yang beragam, sehingga minuman tradsional itu tidak hanya rasanya yang nikmat tetapi juga mempunyai khasiat yang banyak.

One Comment

  1. Indonesia sangat kaya akan rempah-rempah yang sangat berguna untuk di jadikan bahan obat-obatan dan juga yang lainnya! dan kita sudah sepantasnya bersyukur akan nikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita semua. BTW terima kasih banyak atas informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*