Minuman Tradisional Khas Jawa Barat

minuman tradisional khas jawa barat

Ada berbagai jenis minuman tradisional khas jawa barat yang sekarang sudah banyak dikenal masyarakat luas, tidak hanya di daerah Jawa Barat tetapi juga di seluruh penjuru nusantara.  Minuman tersebut beragam dari yang disajikan dingin sampai dengan panas.

Adapun minuman tradisional tersebut antara lain :

Goyobod

 es goyobod

Es campur ini rasanya seunik namanya. Goyobod adalah minuman tradisional dari Garut, Jawa Barat. Bagi sebagian orang Sunda, minuman satu ini tentu sudah tidak asing di telinga.

Es goyobod ini merupakan es campuran dari berbagai bahan. Ada adonan tepung aren yang dipotong-potong, pacar cina, alpukat, dan kelapa muda. Bahan tersebut disiram santan dan sirup manis. Agar terasa dingin dan menyegarkan, ditambahkan serutan es batu.

 

Cendol

esCendol

Cendol juga merupakan khas sunda yang berasal dari tepung beras, dihidangkan dengan dicampur es serut dan gula merah cair dengan ditambahkan santan. Rasanya manis dan gurih. Cendol sangat dinikmati dalam keadaan cuaca yang panass terik, memberikan efek yang menyegarkan. Salah satu cendol yang terkenal khususnya di kota Bandung adalah cendol Elisabeth.

 

Bajigur

bajigur

Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula merah (aren), dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan sedikit garam dan bubuk vanili. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus

 

Bandrek

Bandrek

Bandrek juga merupakan salah satu minuman khas jawa barat yang memberikan efek hangat pada tubuh. Bahan dasar bandrek adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*