Nikmat dan Segarnya Es Sakoteng khas Bandung

Es Sekoteng. Saat mendengar namanya, tentu nalar kita tergelitik. Seperti kita ketahui, sekoteng adalah minuman hangat yang berbahan jahe, kok jadi es? Namun, minuman ini bukanlah sekoteng biasa yang diberi es batu, melainkan minuman dingin mirip es campur. Makanya disebut dengan es sakoteng yang berasal dari Bandung.

Sakoteng sendiri merupakan minuman dari Jawa Tengah yang terdiri dari air jahe dan isian berupa kacang hijau, kacang tanah, biji delima, serta potongan roti. Terkadang air jahenya diberi rempah seperti adas atau serai agar lebih beraroma. Isiannya juga dapat ditambahkan kolang-kaling dan susu kental manis.

Minuman ini biasanya disajikan hangat dalam mangkuk kecil. Karena mengandung jahe, sekoteng paling nikmat disantap di malam hari, saat hujan turun, atau ketika udara dingin. Penjual sekoteng biasa berkeliling dengan gerobak dorong atau pikul.

Ternyata, warga Bandung mengenal sakoteng dalam bentuk berbeda. Wujudnya mirip es campur dan disajikan dingin dalam mangkuk plastik, keramik, atau beling bertangkai. Sekilas isiannya mirip sekoteng karena banyak menggunakan biji delima. Bedanya, es sekoteng tidak menggunakan air jahe, melainkan air gula dan siraman susu kental manis. Selain biji delima, isinya terdiri dari alpukat, kelapa muda, dan kolang-kaling.

Berkebalikan dengan sekoteng, es sakoteng ini justru paling nikmat disantap saat cuaca panas. Sambil mengunyah isiannya yang lembut atau kenyal, seruput kuahnya yang manis dingin. Alangkah nikmatnya!

Ada beberapa penjual sakoteng yang terkenal enak rasanya. Oyen dari Bandung salah satunya. Oyen ini juga sudha membuka cabang di Jakarta. Selain itu ada juga es sekoteng bungsu di Jl. Veteran dan Jl. Batununggal. Sedangkan untuk yang berdomisili di Bogor, coba mampir ke es sekoteng Bogor Permai. Selamat mencicipi es sakoteng! Nikmat dan segar rasanya.

Selain es sakoteng ada juga minuman lain yang sejenis, seperti es bajigur, es bandrek dan minuman lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*