Oleh-Oleh Khas Jawa Barat

Jawa Barat yang merupakan tpeuuyeeumempat lahirnya suku Sunda, menurut catatan sejarah muncul tokoh Aki TiremĀ  seorang sesepuh Sunda Asli dan Raja kerajaan Salakanagara yang beragama Hindu, Darmawarman, merupakan Kerajaan Tertua di Nusantara yang menurut alur Sejarah melahirkan kerajaan Kutai, Taruma, Syailendra Mataram dan Sriwijaya. Kebudayaan yang secara tertulis sangat tua ini tentu saja melahirkan jenis-jenis oleh-oleh khas Jawa Barat hasil dari persilangan kebudayaan dan tempaan jaman.

Tiap daerah di Jawa Barat memiliki oleh-oleh Khas masing masing :

Oleh-oleh dari kota Garut
Garut terkenal akan makanan dodol, sebuah makanan yang berasal dari gula dan kelapa. Terdapat beraneka macam dodol jika kita berkunjung ke Kota Garut, mulai dari kacang kacangan, sampai ubi-ubian dijadikan dodol.

Oleh-oleh dari kota Cianjur
Cianjur terkenal dengan oleh-olehnya yaitu Taucho, sebuah makanan khas dari Kedelei yang diolah sehingga menimbulkan rasa yang pedo dan hebed. Selain Taucho juga ada aneka macam manisan mulai dari nangka hingga Pala.

Oleh-oleh kota Sumedang
Daerah yang terkenal dengan makanan olahan Tahu, makanan olahan dari Kedelei. Selain Tahu, Sumedang juga memiliki umbi yang menurut penulusuran merupakan tanaman species langka yaitu Umbi Cilembu. Umbi yang manisnya semanis madu ini dapat anda peroleh jika anda berkunjung ke Kota Sumedang.

Oleh-oleh Khas Bandung
Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat, kreativitas tanpa Batas. Dari Kreativitas ini munculah salah satu minuman tradisional yang nikmat dan menyehatkan yaitu Bandrek Hanjuang yang siap anda nikmati setiap saat. Selain Bandrek ada juga Peuyeum yang termasyur sejak jaman Belanda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*