Tanaman Herbal dan Khasiatnya

cengkehIndonesia kaya akan tanaman yang bermanfaat. Berikut ini tanaman herbal dan khasiatnya yang telah digunakan oleh nenek moyang kita selama ratusan tahun.

Cengkeh
Cengkeh bernama latin (Syzygium aromaticum) tumbuhan yang dapat tumbuh besar dan berkayu keras, mampu hidup puluhan sampai ratusan tahun , tingginya mampu mencapai 20 -30 meter dengan cabang lebat. cengkeh pertama kali berbuah pada umur 4-7 tahun. Tumbuhan cengkeh akan tumbuh dengan baik apabila cukup air dan mendapat sinar matahari langsung. Di Indonesia , Cengkeh cocok ditanam baik di daerah daratan rendah dekat pantai maupun di pegunungan pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.
Kegunaan sebagai obat :
1. Menambah Denyut Jantung
Bahan: Bunga cengkeh yang sudah kering
Cara menggunakan: dikunyah disesap airnya, dilakukan setiap hari.
Minyak cengkeh dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih.

2. Menghitamkan alis
Bahan:  lima sampai tujuh cengkeh kering dan minyak kemiri.
zara membuat: bunga cengkeh dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan ditambah dengan minyak kemiri secukupnya.
Cara menggunakan: dioleskan pada alis mata setiap sore hari.

Kencur
Kencur (Kaempferia galanga) masuk kedalam suku tanaman Zingiberaceae, merupakan tanaman jenis empon-empon yang mempunyai daging paling lunak dan tidak berserat. Rimpangnya memiliki aroma yang spesifik. Daging akar kencur berwarna putih dan kulit luarnya berwarna coklat. Jumlah daun tidak lebih dari 2-3 lembar berhadapan. Kencur tumbuh subur dan berkembang pada musim tertentu, yaitu pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan di tempat terbuka.
Kegunaan sebagai obat :
1. Radang Lambung
Bahan: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari.
Cara membuat: kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah; ditelan airnya, ampasnya dibuang, kemudian minum 1 gelas air putih, dan diulangi sampai sembuh.

2. Influenza pada bayi
Bahan: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus (lada berekor/ Cubeb)
Cara membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian ditambah beberapa sendok air hangat. Cara menggunakan: dioleskan/dibobokkan di seputar hidung.

3. Masuk Angin
Bahan: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya.
Cara membuat: kencur dikuliti bersih.  kencur dimakan dengan garam secukupnya,  kemudian minum 1 gelas air putih.Dapat dilakukan 2 kali sehari.

4. Batuk
a. Bahan: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya.
Cara membuat : kencur diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring. diminum dengan ditambah garam secukupnya.

b. Bahan : 1 rimpang kencur sebesar ibu jari.
Cara membuat : kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah;
Cara menggunakan : airnya ditelan, ampasnya dibuang. Dilakukan setiap pagi secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*