Tanaman Jahe dan Manfaatnya

bahan dasar minuman bandrekTanaman dengan nama ilmiah Zingiber officinale, merupakan salah satu tanaman yang digunakan sebagai bumbu dapur dan obat. berbentuk jemari dengan ruas ditengah. Rasa pedas Jahe disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk keluarga Zingiberaceae. Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Selain sebagai bumbu, Jahe populer dalam pengobatan sebagai salah satu tanaman dengan banyak khasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Rasa hangat yang timbul dari jahe dipercaya berkhasiat mengusir angin dari dalam tubuh. Bersama perkembangan jaman, jahe banyak digunakan sebagian besar produsen obat untuk dijadikan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan produk kesehatan.

Kandungan Senyawa pada Jahe

Pada Akar Jahe terkandung Minyak atsiri zingiberena, zingiberol, kurkumen, gingerol, filandrena, bisabolena, dan resin pahit.

Dengan senyawa tersebut, jahe memiliki khasiat menyembuhkan penyakit :

  1. Menurunkan tekanan darah. Jahe berfungsi untuk merangsang pelepasan hormone adrenalin serta memperlebar pembuluh darah.
  2. Membantu kerja sistem pencernaan. Jahe mengandung enzim protease dan lipase. Enzim tersebut dapat membantu mencerna protein dan lemak.
  3. Mencegah pembuluh darah tersumbat. Jahe sebagai antikoagulan karena mengandung gingerol.
  4. Mengatasi perut mual . Jahe menahan produk zat seroton sebagai senyawa kimi penyebab kontraksi pada perut yang menimbulkan efek mual.
  5. Antioksidan jahe mampu menetralkan radikal bebas yang merusak tubuh.

Salahs atu minuman yangmengandung Jahe adalah Bandrek Hanjuang, dari Hanjuang.com. merupakan cara mudah untuk menjaga vitalitas anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*