Tanaman Obat Hanjuang

tanaman obat hanjuang

Tanaman obat adalah tanaman liar maupun tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Tanaman yang bisa digunakan sebagai obat ada banyak terdapat di dunia ini. Obat dari tanaman ini merupakan obat yang termasuk aman dan murah, karena secara otomatis anda tidak perlu membeli tanaman ini, anda cukup mencarinya di hutan ataupun ada di kebun kita. Beberapa jenis tanaman di dunia ini yang memiliki khasiat untuk obat atau untuk pengobatan, ternyata banyak juga ditemui di Indonesia sebagai negara yang memiliki iklim tropis. Tanaman obat ini banyak sekali jenisnya. Salah satu yang merupakan tanaman obat yaitu tanaman obat hanjuang.

Tanaman ini di jawa barat dikenal dengan nama hanjuang, sedangkan di jawa tengah dan jawa timur namanya adalah andong.

Ciri-ciri tanaman hanjuang

Ciri dari tanaman hanjuang tersebuat adalah berbentuk perdu bercabang; tinggi 2-4m. Ranting dengan bekas daun rontok yang berbentuk cincin. Daun pada ujung ranting berjejal dengan susunan spiral; tangkai bentuk talang, helaian daun bentuk garis atau lanset, 20-60 kali 1-13 cm, dengan pangkal yang berbentuk baji dan ujung runcing, hijau atau merah atau lorek.

Hanjuang sering dipakai sebagai tanaman pelindung dan pembatas blok pada sawah, ladang, serta perkebunan teh atau kina di Indonesia. Tanaman hanjuang populer sebagai tanaman hias. Daun hanjuang dipakai sebagai pembungkus makanan. Hasil penelitian menunjukkan, bungkus daun hanjuang memiliki kemampuan antibakterial.

Khasiat Tanaman Hanjuang

Selain kemampuan antibakterial, hanjuang mempunyai sifat khas mendinginkan, khaisat hemastatik dan anti bengkak

Adapun penyakit yang dapat diobati, antara lain :

  • mengobati batuk darah
  • disentri
  • Haid terlalu banyak
  • wasir berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*