Tanaman Obat Herbal dan Khasiatnya

Tanaman obat herbal memiliki banyak ragam khasiatnya. Apalagi di Indonesia yang berada di khatulistiwa memiliki keragaman hayati yang luar biasa. Sejak zaman dahulu nenek moyang kita telah memanfaatkan tumbuh-tumbuhan sebagai obat untuk mengobati penyakit-penyakit yang dialaminya.  Obat-obatan yang berasal dari aneka tumbuhan ini dulu dikenal dengan istilah jamu, namun sekarang istilah herbal lebih populer.

‘Herba’ memiliki arti tumbuhan sedangkan Herbalogi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkait dengan tumbuh-tumbuhan. Secara khusus di dunia pengobatan herbalogi digunakan sebagai sebuah konsep atau metode pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari herba (tanaman obat).

Ramuan tradisional yang dipelajari turun temurun oleh para nenek moyang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan–bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Jenis-jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak dan dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Beberapa tanaman obat herbal yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan pemakainya antara lain ;

Jahe
tanaman obat tradisional dan khasiatnyaJahe mengandung senyawa oleoresin yang dikenal bersifat sebagai antioksidan. Sifat ini membuat jahe disebut-sebut berguna sebagai komponen bioaktif antipenuaan. Komponen ini berfungsi melindungi lemak/membran dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Berbagai manfaat lain jahe yang secara tradisional sudah dikenal luas antara lain ; Sakit kepala, encok, masuk angin, gangguan pencernaan, keseleo.

Cengkeh
Cengkeh atau cengkih (Syzygium aromaticum) adalah tanaman yang memiliki beragam manfaat. Di Indonesia selain terkenal dapat mengobati beragam penyakit, cengkeh juga dipakai sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia.
Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan, antara lain; mengatasi infeksi pernafasan, mengobati sakit gigi, mengatasi noda jerawat, pembersih kuman alternatif, pewangi alami pakaian.

Khasiat aneka tanaman obat lainnya bisa juga dibaca pada artikel khasiat tanaman obat tradisional.

Bagi Anda yang ingin mencoba tanaman obat yang sudah dicampur dengan berbagai bahan alami lainnya dalam bentuk minuman tradisional bisa mencoba produk-produk dari hanjuang.com. Ada bandrek, bajigur, sakoteng, beas cikur, en teh bandrek, dan beberapa minuman tradisional lainnya. Produk-produk ini dikemas dalam bungkus kertas yang unik dan menarik.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*