Wisata gedung merdeka kota Bandung

Peristiwa sejarah seringkali meninggalkan jejak yang dapat dikenang hingga saat ini. Seperti di Gedung Merdeka Bandung, saksi bisu dari sejarah Indonesia yang begitu terkenal. Karena sejarahnya ini, gedung ini tetap berdiri dan ramai dikunjungi wisatawan. Sejak berdirinya, bangunan ini sering silih berganti fungsi. Salah satunya menjadi lokasi Konferensi Asia Afrika, yang masih dilaksanakan hingga kini. Selain sebagai tempat penting menyelenggarakan acara, di sini pun menjadi museum tempat tujuan wisata.
Untuk mengunjungi Gedung Merdeka tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun, pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu ke Gedung Merdeka. Dapat mengirim email reservasi ke reservasi.mkaa@kemlu.go.id, dan pengelola akan mengirim persetujuan reservasi.

Foto – foto dan pajangan di sini dibuat sangat modern. Dilengkapi dengan cahaya sehingga foto tampak semakin jelas meskipun hitam putih. Ada juga beberapa foto yang dapat menyala karena lampu sorot dari dalam bingkai.


Di Pameran Tetap, memamerkan koleksi berupa benda dan foto dokumenter dari peristiwa sejarah yang terjadi. Seperti Konferensi Asia Afrika, Konferensi Bogor, Konferensi Kolombo, dan Pertemuan Tugu. Foto lahirnya dan dampak dari Konferensi Asia Afrika pun tak luput dari display.

Selain Pameran Tetap, ada juga Pameran Temporer yang dilaksanakan di hari tertentu saja. Tujuan diadakannya Pameran Temporer adalah untuk memberikan edukasi bagi wisatawan mengenai hubungan diplomatik Indonesia. Dan biasanya, kegiatan Pameran Temporer diadakan di luar ruangan.
Fasilitas

Fasilitas umum seperti toilet, mushola, area parkir, tersedia dan terawat dengan baik. Ada juga pemandu wisata yang siap membantu pengunjung menyusuri museum. Menariknya lagi, ada virtual tour yang dapat dinikmati di website Gedung Merdeka.
Gedung bersejarah ini berlokasi di Jalan Asia Afrika No.65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi nomor telepon di 022-426-90705.

 

lihat juga tempat wisata lainnya yang ada di kota bandung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.