Fungsi Tanaman Jahe

Fungsi Tanaman JaheFungsi Tanaman Jahe. Manfaat tanaman jahe yang bisa kita dapatkan jika cara, kondisi dan jumlah penggunaannya tepat.

Beberapa manfaat tanaman jahe yang bisa kita dapatkan adalah sebagai berikut :

Menormalkan Tekanan Darah

Jahe secara umum dapat membantu untuk menormalkan tekanan darah kita. Ada dua zat penting yang terdapat di dalam jahe yang membantu untuk memberikan efek tersebut.

Yang pertama, jahe mengandung potassium yang membantu untuk menormalkan keseimbangan cairan di dalam tubuh kita, yang merupakan salah satu hal yang penting dalam proses penormalan tekanan darah di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain dapat membantu untuk menormalkan tekanan darah, jahe juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sebuah nutrien yang bernama gingerol dan juga shogaol yang memiliki sifat anti inflamasi (anti peradangan). Selain itu, ada juga enzim yang bernama zingibain yang juga memiliki sifat anti inflamasi (anti peradangan).

Kemampuan anti inflamasi dari jahe sangat bermanfaat dikarenakan terlalu banyak peradangan di dalam tubuh akan dapat membuat tubuh menjadi lebih mudah terkena penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Dengan mengurangi jumlah inflamasi pada tubuh, jahe membantu untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker dan juga penyakit jantung.

Menurut data yang didapatkan dari University of Maryland Medical Center, jahe pun diketahui dapat membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol di dalam darah dan juga mencegah penggumpalan darah di dalam tubuh.

Selain itu, bagi mereka yang terkena penyakit rematoid arthritis dan juga osteoarthritis, jahe pun dapat membantu untuk menurunkan efek dari penyakit tersebut.

Mengurangi Nausea (Mual)

Salah satu manfaat lainnya dari jahe adalah mampu untuk mengurangi nausea (mual) dan muntah, terutama bagi para wanita yang sedang hamil. Selain itu, jahe dapat juga mengurangi mabuk karena perjalanan, dan efek negatif dari efek pembedahan dan kemoterapi.

Dalam sebuah publikasi dari University of Maryland Medical Center, dijelaskan bahwa mengkonsumsi 1 gram ekstrak jahe setiap hari pada saat hamil merupakan sebuah cara yang aman dan juga efektif untuk mengurangi mual dan muntah yang biasa dirasakan di pagi hari.

Cara kerja dari sifat anti mual dan muntah dari tanaman jahe adalah dengan meningkatkan produksi enzim dan asam pencernaan, yang mempercepat proses pencernaan makanan di dalam perut. Mekanisme inilah yang pada akhirnya akan membantu untuk mencegah mual dan muntah.

Anti Bakteri dan Anti Racun

Salah satu manfaat lainnya dari tanaman jahe adalah kemampuannya dalam membunuh bakteri yang berbahaya di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu dalam penyembuhan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri seperti demam yang biasa diderita (common cold).

Selain itu, jahe juga dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Sifat ini membuat jahe dapat membantu untuk menghilangkan racun di dalam tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Terakhir, jahe ternyata juga mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat yang mendorong tubuh untuk memproduksi zat bernama dermicidin yang dapat membantu untuk membunuh bakteri berbahaya seperti E. coli dan Staphylococcus aureus.

Penutup dan Kesimpulan

Demikian beberapa manfaat dan khasiat yang dapat kita peroleh dari tanaman jahe, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi jahe sekarang juga. Saran kami, konsumsi dalam jumlah dan cara yang tepat, supaya hasil yang didapat akan menjadi lebih maksimal.

***

Bagi anda penikmat kuliner, belum lengkap rasanya jika anda belum mencoba minuman rempah khas jawa barat yang sudah melegenda ini.

Penasaran mencicipi nikmatnya bandrek atau bajigur Hanjuang?

Silahkan hubungi CS kami di hanjuang.com
Situs yang concern terhadap pelestarian minuman rempah khas jawa barat.

Distributor Minuman Tradisional Indonesia “Hanjuang”

AROMATIC, CREAMY, TASTY, SPICY

Leave a Reply

  

  

  


*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>