Jenis Jenis Minuman Tradisional Indonesia

Indonesia berada di antara dua Benua yaitu Asia dan Australia serta dua Lautan yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Indonesia. Berada di daerah yang dilalui garis Khatulistiwa sehingga merupakan suatu daerah atau kawasan yang memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.  Seperti kebudayaan besar lainnya penduduk di Nusantara ini memiliki suatu minuman khas yang merupakan hasil dari perenungan masyarakatnya dalam menyikapi dua musim tersebut.

Minuman Indonesia di Musim Hujan

Bajigur
Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe. Sekarang sudah tersedia dalam bentuk sachet dan dikemas dalam aneka bentuk.

Bandrek
Bandrek masih sejenis dengan bajigur, Bandrék adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula aren.

Sekoteng
Sekoteng  minuman asli Jawa Tengah memiliki rasa jahe yang biasa dihidangkan hangat. Bahan lain yang dicampur dalam minuman ini adalah kacang tanah, kacang hijau, pacar cina dan roti. Sekoteng biasa disajikan malam hari. Sekoteng memiliki komposisi mirip dengan wedang ronde.

Minuman Indonesia di Musim Kemarau
Cendol
Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet.

Es Cincau
Cincau, merupakan minuman penyegar yang berasal dari pohon cincau yang diambil sarinya kemudian diendapkan, yang akan mengental setelah didiamkan semalam. Mirip agar-agar namun berasal dari tumbuhan cincau. Cincau yang sudah mengental di campur gula aren atau pemanis lainnya kemudian ditambah santan dan es untuk sensasi dingin.

 

Es teler
Es Teler merupakan campuran dari berbagai buah seperti kelapa serut, alpukat, nangka mangga, pacar cina dan aneka rupa sesuai keinginan pembuatnya. Es teler mungkin nama ini timbul karena ketika membuatnya dia bingung campuran apa yang ingin dicampur kedalam minuman ini.

Es lilin
Es lilin merupakan es yang dibuat karena bentuknya mirip lilin. Es lilin bisa memiliki rasa yang beraneka rupa sesuai dengan bahan yang dicampurkannya mulai dari kacang ijo, strowberi, mangga hingga nangka.

Leave a Reply

  

  

  


*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>