Klasifikasi dan Kegunaan Jahe

Klasifikasi dan kegunaan Jahe dapat dibedakan menurut jenis yangjaheeeee didasarkan atas ukuran, bentuk, dan warna rimpangnya yaitu :

jahe putih/kuning besar (jahe gajah atau jahe badak),
jahe putih kecil (jahe sunti),
dan jahe merah.

Jahe Putih seraca klinis telah terbukti. Efek secara farmasi telah terbuktiĀ  manfaatnya. Mengkonsumsi Jahe secara teratur akan membantu menurunkan gula darah, membantu dalam proses menjinakkan kanker, melindungi elastisitas pembuluh darah, menghangatkan tubuh, membantu meredakan radang sendi, menambah nafsu makan dan masih banyak lagi lainnya.
Jahe putih banyak dimanfaatkan di industri kuliner dan obat-obatan. Untuk jahe putih dari jenis jahe gajah, paling banyak digunakan sebagai bahan permen jahe, jely jahe, sirup jahe dan masih banyak lagi lainnya. Jahe gajah memang dikenal memiliki aroma yang sangat kuat dan tidak memiliki sensasi panas yang menyengat. Sementara itu, jahe putih dari jenis emprit lebih banyak digunakan di industri obat-obatan. Aromanya kurang kuat tetapi sensasi panasnya jauh lebih tinggi dibanding jahe gajah. Mencermati manfaat jahe putih, tak ada salahnya memasukkannnya dalam konsumsi harian Anda.

Dari sensasi pedas dan panas yang baik, Jahe merah sering dijadikan bahan untuk minyak gosokĀ  untuk meredakan pegal linu dan nyeri sendi. Efek kesehatan penggunaan jahe marah untuk tubuh bagian luar mencakup anti-radang, melancarkan sirkulasi darah, mengoptimakan daya tahan tubuh, penghangat tubuh, meningkatkan nafsu makan dan lain-lain. Tak hanya digunakan sebagai bahan utama minyak gosok, ternyata rimpang jahe merah juga sedang marak diolah dalam bentuk serbuk ekstrak instan siap minum. Khasiatnya cukup beragam antara lain mengusir infulenza, menguatkan produksi getah bening, mengobati batuk juga asma, menguatkan hati, mencegah kemandulan, merangsang kinerja syaraf tubuh dan masih banyak lagi lainnya.

Leave a Reply

  

  

  


*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>