Macam-macam Minuman Khas Sunda

Masyarakat Sunda sebagai bagian dari masyarakat yang ada di Nusantara memiliki aneka rupa minuman khas dan unik. Beberapa diantaranya seperti yang ada pada tulisan berikut ini :

Bajigur

Goyobod
Goyobod merupakan miniman khas sunda yang sangat Sundaisme atau Nyunda, walau dari namanya sepertinya ini berasal dari minuman jawa dengan hanya menggunakan satu huruf vocal ‘O” yang identik dengan nama-nama Presiden Republik Indonesia yang hampir semuanya orang Jawa. Coba kalau Gayabad mungkin ini sudah dianggap minuman dari india.
Goyobod dibuat dari tepung sagu aren yang diproses seperti agar-agar. Dicampur dengan macam-macam tambahan seperti santan kelapa dan es serut dengan pemanis gula cair, bagi yang menyukai susu biasanya ditambahkan juga susu kental manis.

Cendol
Cendol juga merupakan khas sunda yang berasal dari tepung beras, dihidangakn dengan dicampur es serut dan gula merah cair serta santan. Rasanya manis dan gurih. Tepung beras yang diolah kemudian diberi pewarna hijau yang biasanya berasal dari daun pandan, karena selain member efek warna hijau juga membawa bau wangi. Selanjutnya di cetak melalui cetakan khusus sehingga berbentuk memanjang.

Bandrek
Salah satu minuman khas lain yang berasal dari sunda adalah bandrek. Bandrek diminumuntuk member kehangatan badan, karena umumnya daerah sunda umumnya pegunungan yang sejuk dan dingin. Banyak yang percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti masuk angin. Selain bandrek yang dapat member kehangatan terdapat juga bandrek yang dibuat khusus untuk dewasa berupa bandrek panah arjuna.

Bajigur
Bajigur adalah minuman ringan yang hangat khas sunda  di jawa barat yang biasanya dinikmati dikala cuaca dingin. Seperti halnya minum kopi, minum bajigur biasa dinikmati dengan tambahan makanan seperti makanan dari ubi jalar , ketela pohon, talas bogor atau pisang baik yang goreng atau kukus.Bajigur terbuat dari santan, gula merah, dan aroma daun pandan. Bahan-bahan yang sederhana ini bisa diperoleh dipasar dan  supermarket.

 

Leave a Reply

  

  

  


*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>