Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) Badung

Jika Anda sedang mencari tempat wisata edukatif di Bandung, mungkin gedung Sabuga ini cocok untuk dipilih. Terletak di jalan Tamansari Bandung, Sabuga ini berdekatan dengan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Gedung ini memiliki luas sekitar 22 ribu meter persegi. Gedung yang dibangun tahun 1997 ini dapat menampung pengunjung hingga 2.500 orang. Dulu, gedung ini digunakan untuk acara wisuda lulusan ITB.


Sabuga Bandung mempunyai tiga ruangan yang memamerkan alat peraga IPTEK, teater, dan tempat bermain anak. Ruangan yang pertama adalah Science Gallery. Science Gallery adalah sebuah ruangan yang berisi berbagai alat peraga IPTEK. Di sini, pengunjung boleh mencoba semua alat peraga.
Alat peraga yang ada di sini diantaranya: Captured Shadow, Flow Motion, Large Kaleidoskop, Wire & Buzzer, Angular Momentum, Parabolic Mirror, Chaotic Pendulum, Space Scale, Bottle Lightning, Jacob’s Ladder, Moementum Chair, Fun House Mirror, Hot Hands dan Large Pole Pattern. Berada di ruangan ini Anda dan anak akan merasa seperti seorang ilmuwan yang sedang mencoba penemuan. Seru, bukan?


Ruangan yang kedua adalah Dome Theatre. Ini adalah teater tiga dimensi yang berbentuk kubah. Teater seperti ini hanya ada satu di Indonesia. Di teater ini pengunjung dapat menyaksikan film dan bisa merasaka seperti benar-benar ada di dalam film tersebut.
Ruangan yang ketiga adalah Kids Smart. Di ruangan ini, anak-anak bisa bermain sambil belajar dengan menggunakan komputer. Tentu akan membuat anak merasa senang berada di sini. Ruangan ini khusus dirancang untuk anak mulai dari tiga hingga tujuh tahun. Program ini bertujuan agar anak bisa terbantu dalam pembelajaran sehingga mereka bisa dengan mudah mengerti apa yang diajarkan.
Selain ketiga ruangan tersebut yang selalu digunakan untuk kunjungan edukasi, Sabuga Bandung juga sering digunakan untuk berbagai acara seperti workshop atau seminar untuk para pelajar atau mahasiswa.

 

Selamat berkunjung.

 

Liat juga tempat wisata lainnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.