Aneka macam minuman tradisional Indonesia

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Indonesia terkenal dengan makanan dan minumannya. Makanan dan minuman khas Indonesia terkenal karena bahan-bahannya yang khas dan juga kesan tradisionalnya yang tidak dapat dijumpai di negara lain. Minuman tradisional Indonesia juga tidak kalah dengan minuman buatan pabrik atau minuman yang kekinian saat ini.

Bahkan minuman khas Indonesia kebanyakan menggunakan bahan utama yang aman dan tidak mengandung bahan pengawet. Oleh karena itu mengapa minuman tradisional khas Indonesia juga merupakan minuman segar yang dapat menjadi pilihan untuk melepaskan dahaga di siang hari.

Dan tidak hanya itu minuman tradisional indonesia yang terbuat dari aneka macam rempah mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Minuman tradisional indonesia tidak hanya di sukai oleh masyarakat indonesia akan tetapi banyak negara lain yang menyukai produk minuman tradisional dari indonesia.

Kalo di hitung mungkin ada puluhan bahkan ada ratusan jenis minuman tradisional yang ada di indonesia. Di setiap provinsi yang ada di indonesia tentunya mempunyai lebih dari satu jenis minuman tradisional dan semuanya enak-enak dan tentunya mempunyai ciri khas tersendiri sesuai daerahnya masing-masing.

Berikut saya jelaskan beberapa jenis minuman tradisional indonesia ;

  1. Bandrek

Merupakan minuman hangat berasal dari Jawa Barat. Masyarakat Sunda biasanya menghidangkan minuman ini saat cuaca dingin. Minuman ini berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan sebagai penambah tenaga untuk daerah yang dingin.

2. Bir Pletok

Tidak sesuai dengan namanya minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali dan 100% halal. Minuman khas Betawi ini juga merupakan minuman yang berfungsi sebagai penghangat badan, pertama kali minum akan menimbulkan rasa pedas lidah dan akan menghangatkan badan.

3. Es Selendang Mayang

Es selendang mayang merupakan minuman yang menyegarkan khas Betawi. Dinamakan demikian karena terdapat kue berbentuk memanjang layaknya selendang dan ditambah dengan susu dan juga santan. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas, namun sayangnya penjual es selendang mayang saat ini sudah jarang ditemui.

4. Wedang Secang

Minuman khas keraton Yogyakarta yang sekaligus dapat menjadi minuman yang menyehatkan karena mampu meningkatkan stamina serta meredakan perut kembung, hipertensi dan juga memperlancar aliran darah. Wedang secang merupakan minuman yang terbuat dari bahan alami, minuman ini berwarna merah karena berasal dari kayu secang.

5. Es Cendol

Minuman khas Sunda yang sampai saat ini masih banyak digemari oleh masyarakat. Merupakan minuman yang menyegarkan dan juga mempunyai manfaat untuk kesehatan.

6. Sekoteng

Merupakan minuman penghangat dari daerah Jawa Tengah. Bahan dasar untuk membuat sekoteng juga murni dari bahan alami seperti jahe, serai, kayu manis, daun jeruk, daun pandan dan juga gula pasir. Minuman ini sangat kaya akan rempah-rempah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.