Aneka Minuman Nenek Moyang

Indonesia kaya dengan aneka minuman tradisional warisan nenek moyang yang masih dikonsumsi oleh masyarakat hingga kini. Berbagai daerah memiliki minuman khas yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Minuman-minuman yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya kita kenal juga dengan sebutan jamu.

Aneka-minuman-nenek-moyang

Minuman jamu tradisional bisa bertahan hingga saat ini tentunya bukan tanpa sebab. Kandungan bahan baku jamu yang banyak berasal dari tumbuhan yang berkhasiat atau dikenal sebagai tanaman obat. Istilah yang lebih populer sekarang herbal untuk menyebut minuman yang berasal dari tumbuhan alami.

Nenek moyang kita memiliki warisan budaya yang ramah lingkungan di bidang minuman tradisional. Beberapa minuman jamu dengan khasiatnya masing-masing yang masih banyak dikonsumsi antara lain ;

  • jamu beras kencur
    Berkhasiat dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh dan sebagai tonikom atau penyegar saat habis bekerja.
  • jamu kudu laos
    Berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menghangatkan badan, membuat perut terasa nyaman, menambah nafsu makan, melancarkan haid, dan menyegarkan badan.
  • jamu kunir asam
    Jamu ini dikatakan juga sebagai jamu ‘adem-ademan atau seger-segeran’ yang dapat diartikan sebagai jamu untuk menyegarkan tubuh atau dapat membuat tubuh menjadi dingin.
  • jamu pahitan
    Khasiat utama jamu iniĀ  adalah untuk mengatasi gatal-gatal dan kencing manis, kurang nafsu makan, menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol, perut kembung/sebah, jerawat, pegal, dan pusing.
  • jamu kunci suruh
    Sering dimanfaatkan oleh wanita, terutama ibu-ibu untuk mengobati keluhan keputihan (fluor albus), merapatkan bagian intim wanita (vagina), menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut.
  • jamu uyup-uyup/ gepyokan
    Jamu ini digunakan untuk meningkatkan produksi air susu ibu pada ibu yang sedang menyusui, dan menghilangkan bau badan.

Hanjuang.com menyediakan juga produk minuman nenek moyang ini yaitu beas cikur (beras kencur) hanjuang. Produk ini telah dikemas praktis dan siap seduh. Untuk pemesanan bisa dilakukan secara online atau menghubungi kontak admin hanjuang.

referensi : id.wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*