Apa itu kapulaga?, dan untuk apa manfaatnya?

Pada umumnya kapulaga sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu atau obat-obatan herbal tradisional. Kapulaga dapat dijadikan anti-depresan, caranya dengan mencampurkannya di air dalam gelas, tunggu hingga mengendap (sekitar 30 menit); sebelum dan saat diminum, dapat diselang dengan menghirup aromanya.

Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga seberang atau kapulaga india (Elettaria cardamomum); keduanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.

Kapulaga India diperkenalkan ke Guatemala oleh pengusaha perkebunan kopi asal Jerman, Oscar Majus Kloeffer, sebelum Perang Dunia I. Kini Guatemala menjadi penghasil kapulaga terbesar di dunia, diikuti oleh India. beberapa negara seperti Sri Lanka dan Indonesia juga membudidayakannya. Polong biji Elettaria berwarna hijau terang, sementara polong biji Amomum lebih besar dan berwarna cokelat tua.

Kini kapulaga adalah rempah termahal ketiga di dunia, setelah saffron dan vanilla.

Manfaat kapulaga :

Selain bermanfaat untuk menambah citarasa masakan, kapulaga juga memiliki beberapa manfaat lain yang berguna untuk tingkatkan kesehatan. diantaranya ;

1. Lancarkan pencernaan

Manfaat kapulaga untuk kesehatan salah satunya adalah melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam kapulaga ternyata juga cukup besar. Tiap sendok kapulaga mengandung 2 gram serat.

Bagi kamu yang memiliki masalah sembelit atau sulit buang air besar, kapulaga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut dan mengontrol asam lambung serta nyeri pada perut.
Kapulaga untuk kesehatan.Kapulaga untuk kesehatan. Foto: iStock

2. Mengurangi stres

Siapa sangka, ternyata kapulaga juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi stres. Kapulaga sering dijadikan sebagai obat herbal yang bersifat antidepresan. Bahkan, menghirup aroma rempah kapulaga dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan.

3. Redakan nyeri

Manfaat kapulaga lainnya adalah mengurangi berbagai jenis nyeri. Memiliki sifat analgesik, ternyata kandungan kapulaga juga ada antioksidannya dan bersifat anti inflamasi sehingga bisa menyembuhkan peradangan.

4. Redakan batuk dan pilek

Madu yang dicampurkan dengan kapulaga bisa mengurangi batuk dan pilek. Kapulaga dapat memberikan efek tenang dan membantu mengencerkan dahak. Selain itu, kapulaga juga memiliki efek hangat di tenggorokan.

5. Mencerahkan kulit

Karena mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga kapulaga dapat membantu cerahkan kulit. Kapulaga juga memiliki sifat anti bakteri dan antiseptik.

Manfaat kapulaga untuk kecantikan salah satunya adalah membantu menenangkan kulit.

6. Obati asam lambung

Kapulaga mengandung berbagai vitamin penting seperti riboflavin, niasin, dan vitamin C. Selain itu kandungan seratnya dapat melancarkan pencernaan dan mengontrol asam lambung.

7. Tingkatkan kesehatan mulut dan tenggorokan

Kapulaga memang bersifat anti inflamasi yang bisa meredakan gejala sariawan dan radang tenggorokan. Kapulaga juga bisa membuat napas lebih segar.

dan masih banyak manfaat yang lainnya.

 

lihat juga aneka resep minuman tradisional di link ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.