Contoh Minuman Khas Sunda

Contoh Minuman Khas Sunda

Keberagaman kuliner di Jawa barat sudah tidak diragukan. Banyak macam dan jenis dari makanan dan minuman yang menjadi ciri khas dari tatar sunda ini. Salah satu contoh minuman khas sunda adalah Es goyobod.

Terbuat dari aci kawung atau tepung hun kwee yang dipotong kotak bercampur kuah santan, kinca, kelapa muda parut, alpukat, es serut dan terakhir guyuran susu kental manis. Ehm, segarnya goyobod pun akan mendinginkan tenggorokan anda.

Es goyobod merupakan minuman khas dari Jawa Barat. Meski secara bahasa nama goyobod berasal dari bahasa Belanda yang artinya basah.

Goyobod sendiri sebenarnya adalah nama dari adonan aci kawung atau tepung hun kweenya. Yaitu aci kawung atau tepung hun kwee yang dicampur air sehingga memadat lalu dibuat kotak-kotak dan dimasukan ke dalam kuah santan. Sedangkan kelapa parut, alpukat dan kinca hanyalah sebagai pelengkapnya saja. Ada juga yang disebut goyobod Garutan di mana bahan makanan yang dicampurkan lebih banyak. Selain tepung hun kwee dicampurkan pula pacar Cina, cingcau hitam, tape singkong, dan lain-lain.

Selain es goyobod, minuman khas sunda yang lainnya adalah cendol, es doger, bandrek, dan bajigur. Sedangkan yang merupakan makanan khas sunda, diantaranya : karedok, soto bandung, laksa, empal gentong, sate maranggi dan lain-lain. Adapun untuk jenis kudapannya ada surabi, tahu sumedang, dodol garut, ladu, comro dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*