Mengenal Sejarah Teh di Indonesia

Sejarah Teh di Indonesia erat kaitannya dengan perkebunan yang dirintis oleh Belanda yang menjadikannya sebagai komoditas ekspor ke negara-negara Eropa. Hingga akhirnya sekarang minuman ini menjadi populer di berbagai kalangan mulai dari petani sampai petinggi negara. Bahkan di negara seperti Jepang, minum teh menjadi sebuah budaya khas tersendiri yang proses penyajian serta meminumnnya pun melalui tahapan-tahapan khusus.

Minuman teh adalah minuman yang terkenal sejak lama di kalangan masyarakat Indonesia. Menelusuri jejak masa lalu dari sejarah, tanaman teh sudah ada di tanah Indonesia sejak abad 17. Pada catatan sejarah tertulis bahwa pada tahun 1684, adalah Andreas Cleyer – seorang pegawai VOC, seorang pakar botani dari Jerman membawa biji teh dari Jepang dan menjadikannya tanaman hias di Tijgersgracht – Batavia. Setelah mengalami percobaan pembudidayaan berulangkali, pada awal abad 19 dimulailah perkebunan dalam skala besar yang dipelopori oleh J.L.L.L. Jacobson (1828). Kesuksesan Jacobus Isidorus Loudewijk Levian Jacobson memicu dimulainya era industri perkebunan teh di Nusantara.

Mengenal-sejarah-teh-di-Indonesia

Pada perkembangan selanjutnya, mulai masuk ke pulau Jawa varietas baru teh jenis assamica yang berasal dari Sri Lanka (Ceylon) tahun 1877. Tanaman teh jenis ini kemudian ditanam oleh R.E. Kerkhoven di perkebunan teh Gambung, Jawa Barat (saat ini menjadi Pusat Penelitian Teh dan Kina). Setelah melalui proses ujicoba diperoleh data bahwa tanaman teh ini cocok dan hasil produksinya lebih tinggi, sehingga lambat laun pertanaman teh jenis sinensis berganti dengan teh varietas assamica.

Adapun saat ini kita mengenal adanya berbagai macam jenis teh, seperti teh hijau, teh putih, teh hitam atau teh jenis lainnya adalah variates teh yang berasal dari berbagai wilayah lain seperti china dan jepang. Di Indonesia sendiri, salah satu teh yang terkenal memiliki kualitas teh terbaik adalah teh hijau yang berasal dari perkebungan di wilayah priangan.

Saat ini, hanjuang.com sudah menyediakan juga produk berbasis teh yaitu; en teh bandrek, teh priangan, dan green tea latte. 3 produk teh ini merupakan inovasi produk minuman tradisional yang menggabungkan minuman tradisional dengan sentuhan proses modernisasi yang menghasilkan produk berkualitas.

Penasaran dengan produk yang berasal dari daun tanaman teh ?! Silakan pesan online di hanjuang.com atau hubungi langsung pusat layanan kami melalui telepon, SMS, WA, atau BBM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*