Minuman Tradisional Khas Indonesia

Minuman tradisional khas indonesia

Minuman tradisional khas indonesia dari dulu sampai sekarang terus bertambah jenis dan namanya, Indonesia kaya akan aneka minuman tradional. Setiap daerah memiliki beragam jenis minuman tradisional. Meskipun begitu, untuk minuman tradisional yang sama memiliki penyebutan yang berbeda untuk daerah-daerah tertentu. Selain memiliki nama yang berbeda, terdapat pula variasi dari minuman tradisional dasar tersebut. Semisal minuman tradisional berbahan dasar jahe. Terdapat variasi yang dapat dibuat untuk menjadikannya minuman, diantaranya ada yang menjadi wedang ronde, beras kencur, dan bandrek.

Untuk yang belum mengenal aneka minuman tradisional khas indonesia, berikut ini ada beberapa minuman tradisional yang populer:

 Cendol

Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah “cendol” mungkin sekali berasal dari kata “jendol”, yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala tengah meminum es cendol.

 Bir Peletok

Bir Pletok, mungkin kita pernah mendengarnya atau sering juga mendengar dengan istilah Bir Pletok. Bir Pletok adalah salah satu minuman khas dari etnik betawi. Bir Pletok ini terbuat dari tumbuh tumbuhan rempah-rempah yang banyak tumbuh di negeri ini.

 Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.

 Sekoteng

Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari.

Es Teler

Es Teler adalah minuman es berisi potongan buah alpukat, kelapa muda, nangka matang, dan santan kelapa encer dengan pemanis berupa susu kental manis dan sirup. Es yang dipakai bisa berupa es serut atau es batu.

Air Lahang

Lahang merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari nira, rasa manis dan segar adalah ciri dari minuman ini.

Lahang diperoleh dari sadapan pohon aren. Yang disadap adalah bunga jantannya. Cara menyadapnya pun tidak sembarangan. Para petani biasanya akan berangkat lebih awal untuk menyadap aren agar kesegarannya terjaga. Konon pada kondisi tertentu air dari bungan jantan pohon aren ini bila terlambat menyadap akan berubah menjadi cuka atau tuak. Dan pohon dari bunga yang akan disadap akan sangat baik bila sudah berusia 5 tahun.

Dan masih banyak lagi jenis minuman tradisional lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*