Resep Minuman Es Teler

Es teler adalah koktail buah asli Indonesia. Alpukat, kelapa muda, cincau, nangka, dan buah-buahan lainnya disajikan dengan santan, susu kental manis, daun Pandan (biasanya dalam bentuk sirup rasa kelapa dan pandan), gula, dan sedikit garam.

Es teler merupakan minuman asli dari Jawa Tengah, Indonesia. Asal mula atau sejarah ternyata dari Kabupaten Sukoharjo. Pada tahun 1957, minuman ini muncul karena di temukan oleh Hj.Samijem Darmo Putro (Ibunda Tukiman Darmowijono), warga desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa tengah.

Hj. Samijem dan Tukiman adalah orang pertama yang menemukannya. “Memang awalnya saya yang menemukan racikan es teler itu. Setelah itu, es teler makin banyak di mana-mana. Saya sengaja tak mematenkannya,” ujarnya.

Demi menopang hidup, keluarga Darmo Putro merantau ke Jakarta sebagai pedagang buah asongan didaerah Menteng, Jakarta Pusat. Dirasa hasil dari berdagang buah kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, keluarga Darmo Putro (Tukiman Darmowijono) lalu berinisiatif untuk menjual es buah. Seiringnya berjalannya waktu, mereka berinovasi dengan mencampurkan buah nangka, kelapa, alpokat, sirup, dan susu. Tanpa diduga, banyak orang yang suka dengan campuran berbagai buah tersebut.

Nama itu diambil dari ungkapan seorang pelanggan yang mengatakan “esnya bikin teler“. Dari ungkapan tersebut es teler dirasa cocok sebagai nama minuman lezat ini.

Bermodalkan keberanian, tekat, dan sedikit uang, keluarga darmo putro lalu membuka warung makan didaerah Cikini, Jakarta Pusat di kawasan metropol Megaria. Rumah makan tersebut diberi nama Es Teler Sari Mulia Asli. Dirumah makan ini, menyediakan juga Ayam Goreng, Bakso, Siomay, dan berbagai aneka minuman. Dan usaha keluarga Darmo Putro berkembang hingga sekarang.

Berikut resep sederhana minuman es teler dan cara membuatnya ;

Bahan :
– Alpukat
– Nangka
– Kelapa muda
– Susu kental manis
– Es batu
– Simple syrup ( 200ml air masak dengan 60 gr gula pasir)

Cara membuat:
1. Serut buah alpukat
2. Potong dadu buah nangka
3. Serut kelapa muda
4. Susun alpukat, nangka dan kelapa muda ke dalam gelas
5. Beri es batu / serut
6. Kemudian tuang simple syrup dan susu kental manis

Lihat juga aneka resep minuman lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.