Resep Wedang jangkruk

Wedang jangkruk ini merupakan salah satu minuman tradisional indonesia yang sangat unik selain berkhasiat rasanya pun enak dan wangi. Cocok banget dinikmati sebagai minuman penghangat tubuh saat cuaca dingin. Minuman ini juga berkhasiat untuk pereda flu, batuk pilek karena hangatnya rempah-rempah jahe dan kencur. Tapi wedang ini bisa juga diminum dingin, ditambah es batu disajikan saat cuaca panas, nikmat banget.

Wedang jangkruk merupakan salah satu minuman legendaris yg terkenal di Jogja yg terbuat dari rempah-rempah diantaranya Jahe Kencur dn Jeruk nipis hingga dikenal dgn sebutan jangkruk. Selain bahannya yang sangat mudah di dapat, cara membikinnya pun sangat mudah. Tentunya bisa di bikin oleh siapapun. Walaupun memang belum ada yang menjual minuman ini sehingga sangat sulit di temukan di beberpa penjual minuman, akan tetapi jenis minuman ini memang sangat mudah untuk di bikin.

Berikut resepnya dan cara mmebuat wedang jangkruk ;

Bahan-bahan

3 ruas jahe, iris tipis
2 ruas kencur, iris tipis
4-6 sdt gula merah, iris tipis
1 sdm gula pasir (sesuai selera, boleh skip)
1/4 sdt garam
500 ml air
1/2 buah jeruk nipis

Cara MembuatĀ 

  • Masak air sampai mendidih. Lalu masukkan jahe, kencur, gula merah, gula pasir dan garam. Aduk-aduk sampai gula larut. Cek rasa, sesuaikan tingkat kemanisan sesuai selera.
  • Siapkan gelas saji. Tuang wedang jangkruk sambil disaring. Lalu beri perasan jeruk nipis.
  • Bisa di sajikan hangat atau dingin dengan es batu.

Lihat juga aneka resep minuman lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.