Wisata Edukasi Jendela Alam Lembang

Kadang kita suka bingung mencari tempat wisata edukasi pas untuk sekeluarga. Nah, Jendela Alam bisa menjadi pilihan anda jika sedang mencari tempat wisata edukasi anak di Bandung.

Konsep wisata edukasi di tempat ini kental sekali. Ngga heran kalau Jendela Alam Bandung banyak menjadi destinasi field trip dari berbagai sekolah di Bandung, ataupun dari luar kota. Ngga cuma wisata belaka, anak anda bisa mengikuti berbagai kegiatan edukatif yang disiapkan disini.

Apa aja sih yang ada di Jendela Alam Lembang? Apa saja yang bisa dilakukan disana? Silahkan simak reviewnya dibawah ini ya.

Terkadang kita suka bingung kalau ingin liburan bersama anak, sekaligus di isi dengan kegiatan edukasi. Nah, Jendela Alam mengisi ceruk tempat wisata edukasi di Bandung yang memang masih kurang.

Tidak hanya menikmati alam sekitar yang masih sejuk dan hijau, anak anda juga bisa mengikuti berbagai kegiatan edukasi yang bermanfaat. Berbagai kegiatan edukasi disediakan dan dirancang sedemikian rupa sehingga menarik buat keluarga. Kegiatan edukasi yang tersedia cocok untuk anak mulai dari usia TK sampai dengan SMA.

Apa saja sih yang ada di Jendela Alam? Simak dibawah ini ya.

Hal Yang Bisa Dilakukan

Kegiatan di Jendela Alam Bandung dapat dikelompokan jadi 4 bagian. Setiap kelompok ini dirancang dengan tujuan edukasi yang berbeda-beda. Pastinya bakal seru ya, dan kita bisa memilih apa yang akan dilakukan nanti.

Hal yang bisa di lakukan antara lain:
Jendela Edukasi

Kelompok kegiatan yang satu ini di isi dengan berbagai kegiatan edukasi yang cocok untuk anak dan keluarga. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan antara lain:

Tour Sahabat Alam

Dalam tour ini, peserta akan diajak berkeliling area dengan disertai guide. Guide ini akan menjelaskan berbagai hal yang ditemui saat berkeliling area Sahabat Alam Lembang.

Anda akan dibawa mengunjungi area tanaman obat, area hidroponik, rumah jamur tiram, greenhouse tomat cherry, mengunjungi rumah kuda poni, kambing etawa, peternakan ayam arab, kelinci, rumah reptil dan rusa totol.

Kegiatan Berkebun Konvensional

Anda akan dibimbing dan dikenalkan dengan cara berkebun konvensional. Di sertai oleh guide berpengalaman, anak anda akan dikenalkan dengan cara berkebun konvensional, diperlihatkan cara menggunakan alat perkebunan, dan lain sebagainya.

Pasti bakal menarik minat sikecil ya?

Berburu Harta Karun

Dalam kegiatan ini, peserta dibagi beberapa kelompok dan harus mengikuti berbagai petunjuk untuk menemukan harta karun. Kegiatan ini asyik banget, bsia melatih skill mapping, team work, problem solving, dan lain sebagainya.

Dengan dibimbing oleh fasilitator yang berpengalaman, kegiatan ini bakal seru banget dan memberi anak anda pengalaman baru.

Panen Tomat Cherry

Dalam kegiatan ini, peserta bisa memetik buat tomat cherry kuning ataupun merah di Greenhouse Tomat Cherry. Ngga cuma memetik aja, tapi juga dijelaskan tentang tomat cherry, kandungan gizinya, cara tanam, dan lain sebagainya.

Nanti hasilnya akan dipacking rapi dan bisa dibawa pulang peserta.

Panen Telur

Melalui kegiatan ini, si anak akan dikenalkan dari mana telur ayam berasal, dan edukasi menarik tentang ayam.

Peserta di beri wadah telur, dan mengambil langsung telur dari peternakan ayam di lokasi.

Selain kegiatan di atas, ada juga kegiatan lainnya yang bisa anda ikuti seperti:

Cara membuat terarium
Cara membuat cingcau
Cara membuat yoghurt
Cara membuat telur asin
dan kegiatan memberi makan hewan yang ada di jendela alam.

memberi makan hewan di jendela alam lembang
memberi makan hewan di jendela alam lembang, image via www.instagram.com/sela1447/

Jendela Permainan

Kelompok kegiatan ini menyediakan berbagai permainan yang bisa dipilih oleh peserta. Seru-seru lho!

Berbagai permainan yang tersedia antara lain:

Permainan Menangkap Ikan

Bermain air dan menangkap ikan! Dua hal ini aja bakal membuat anak anda berjingkrak gembira ya.

Dalam kegiatan ini, peserta harus menangkap ikan mas yang dilepaskan di sungai buatan. Kegiatan ini bagus banget untuk melatih kemampuan motorik anak, sekaligus menyenangkan.

 

Perang-Perangan Air

Dalam permainan ini, peserta dibagi dua kelompok. Setiap kelompok harus merobohkan benteng masing-masing dengan bola air yang disediakan.

Kolam Renang Jendela Alam

Di kolam renang jendela alam, peserta akan dibawa berenang dengan bimbingan dari guide juga.

Ngga cuma kolam renang, disini juga terdapat mini waterboom yang pasti bakal menyenangkan untuk anak-anak.

Permainan Menggiring Bebek

Ini permainan unik sekaligus seru. Peserta dibawa ke lapangan dan harus menggiring bebek dari satu kandang ke kandang lain yang berseberangan.

Seru sekaligus unik, karena peserta bakal berkenalan dengan pengalaman baru.

Berkuda
berkuda di jendela alam bandung
Kegiatan yang satu ini sudah banyak di tempat wisata lain juga. Biasanya menjadi salah satu favorit pengunjung juga, termasuk di sini juga.

Dalam kegiatan ini, peserta akan naik kuda poni dan dibimbing oleh pawang mengelilini area.

Flying Fox

Ngga perlu dijelaskan lagi. Permainan yang satu ini seru, menegangkan, sekaligus melatih keberanian dari peserta.

Selain permainan-permainan di atas, ada juga berbagai permainan kelompok yang bisa diikuti peserta seperti;

Permainan baloon transfer
Floating water stick
Four stroke race
Tarik tambang
Fun hula-hula
Balap balon
dan magic ball

 Jendela Workshop

Dalam kelompok kegiatan ini, terdapat berbagai workshop yang bisa diikuti peserta. Workshop yang disediakan akan mengedukasi peserta dengan berbagai hal yang menarik.

Beberapa workshop yang tersedia antara lain:
workshop di jendela alam

Workshop Bedah Anatomi Hewan

Peserta akan mengenal anatomi berbagai hewan, diajarkan cara membedah hewan tertentu, fungsi organ tubuh, dan lain sebagainya.

Workshop Telur

Peserta dikenalkan dengan berbagai pengetahuan tentang telur. Edukasi yang diberikan mulai dari fase bertelur, penetasan telur, dan lain sebagainya.

Workshop Hidroponik

Dalam kegiatan yang satu ini, peserta dikenalkan dengan cara bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Edukasi yang diberikan mulai cara memilih media hidroponik, menanam tumbuhan dengan sistem hidroponik, kelebihan seta kekurangannya, dan lain sebagainya.

Workshop Biogas

Mengenalkan apa itu biogas, cara mengolahnya, berbagai kelebihan dan kekurangannya juga. Disini dijelaskan biogas dengan bahan kotoran sapi sebagai sumber energi alternatif yang digunakan.

Workshop Membuat Kompos

Disini peserta dikenalkan dengan penggunaan pupuk kompos. Selain itu juga bagaimana cara membuat pupuk kompos dari limbah kotoran hewan dan sampah yang ada di kebun.

Workshop Takakura

Dalam workshop ini, peserta diperkenalkan dengan metode pengolahan limbah organik dengan metode takakura. Penggunaannya bisa dilakukan di rumah.

Jendela Seni

Ngga cuma permaian dan workshop edukasi aja, di Jendela Alam Lembang juga terdapat kegiatan yang mengasah skill seni peserta.

Beberapa kegiatan yang ada di jendela seni antara lain:

Menghias Layangan
kegiatan seni di jendela alam
Dalam kegiatan ini, setiap peserta diberi layangan dan peralatan melukis. Layangan ini bebas di hias dengan berbagai warna sesuai keinginan.

Selain itu,nanti peserta juga bakal dibimbing cara memasang tali layangan sampai bisa diterbangkan.

Menghias Tanah Liat

Peserta akan diberi tanah liat yang sudah dibentuk, dan peralatan melukis. Setelahnya peserta dipersilahkan mewarnai tanah liat tersebut sesuai keinginan. Hasil dari kegiatan ini bisa di bawa pulang.

Kegiatan coloring atau mewarnai seperti ini cocok banget buat melatih imajinasi dan batasan dari anak-anak peserta.

Review The Lodge Maribaya di Lembang
Pesona Sahabat Alam

Pesona Sahabat Alam adalah satu area pertanian konvensional seluas kurang lebih 4 ha. Disini peserta bisa menjelajahi area pertanian dan perkebunan. Jika masa panen tiba, peserta juga bisa ikut memetik hasil panen.

Beberapa hal yang ada di Pesona Sahabat Alam antara lain;

Berbagai tanaman pertanian, obat-obatan, sayur, dan palawija.
Berbagai jenis hewan ternak (sapi, ayam, dll)
Konsep pertanian terpadu dengan pengolahan limbah kebun dan ternak.

Lokasi Jendela Alam Lembang

Lokasi Jendela Alam Lembang berada di dalam kompleks Graha Puspita, Jl. Sersan Bajuri Km. 4,5 Cihideung, Lembang, Bandung Barat.

Lokasinya berada di dalam kompleks, tapi cukup mudah ditemukan kok. Tempat ini berada di antara Bandung – Lembang, melalui rute jalan sersan bajuri.
Cara Menuju Lokasi

Anda bisa menuju ke lokasi dari arah Bandung ataupun Lembang.

Dari Bandung, bisa menuju ke lokasi melalui rute utama jalan setiabudi – Ledeng – belok ke jalan sersan bajuri di terminal ledeng – ikuti terus sampai ke lokasi.
Dari arah Lembang arahkan kendaraan ke arah Parongpong (searah dusun bambu, air terjun pelangi, kebun teh sukawana, Tangkuban Perahu, dll). Nanti masuk ke gerbang belakang kompleks Graha puspita sampai ke lokasi.

Angkutan umum ke Jendela Alam rada sulit. Akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi, sewa mobil, atau taksi/taksi online.
Peta Jendela Alam

Agar lebih mudah, silahkan ikuti saja peta menuju ke lokasi dibawah ini. Anda juga bisa menggunakan google map atau aplikasi waze di smartphone.

Harga Tiket Masuk Jendela Alam

Harga tiket masuk jendela alam adalah sebagai berikut:

Weekdays Rp 15.000
Weekend Rp 20.000

Perlu di ingat, harga di atas adalah harga tiket masuk tempat wisata saja. Untuk mengikuti permainan dan kegiatan di lokasi harus membayar tiket lagi dengan harga berbeda-beda. Rentang harga antara Rp 15.000 s/d Rp 35.000.
Jam Buka

Jendela Alam Bandung buka dari:

Senin – Jumat : pukul 09.00 – 15.30 WIB
Sabtu – Minggu/Hari libur : pukul 09.00 – 16.00 WIB

Berikut ini beberapa pertanyaan dan jawaban seputar Jendela Alam Cihideung Lembang yang kami kumpulkan. Sumbernya kami ambil dari google.

Q: Apakah pemakai kursi roda, atau membawa stroller bayi bisa ke lokasi?
A: Bisa

Q: Apakah bis besar bisa masuk ke jendela alam?
A: Bisa. Jalan cukup untuk bis besar, tapi menanjak jadi harus hati-hati.

Q: Apakah ada paket harga untuk rombongan?
A: Ada. Silahkan hubungi langsung ke kontak jendela alam.

Q: Ada kolam renang?
A: Ada. Sebagai catatan, air kolam renangnya dingin, tidak ada kolam air panas.

Q: Bisa bawa makanan dari luar?
A: Tidak bisa, kecuali untuk makanan bayi. Di lokasi terdapat area kantin dan cafe untuk makan.

 

Selamat berkunjung.

lihat juga tempat wisata lainnya di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.