Wisata kolam renang karang setra Bandung

Warga Bandung tentu tahu dengan kolam legendaris Kolam Renang Karang Setra Waterland. Kendati disebut tertua di Indonesia, hingga kini pengunjungnya tak pernah surut. Tempat yang diresmikan pada 1954 ini justru semakin ramai dari waktu ke waktu.

Tidak hanya kolam renang untuk atlet profesional. Disini pengunjung dapat mencoba berbagai wahana. Permainan dan area di kolam ini beragam. Ada wahana hanya untuk orang dewasa. Dan banyak area bermain dan wahana anak-anak. Karena itu destinasi ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga untuk menghabiskan akhir pekan.

Harga Tiket Kolam Renang Karang Setra

Dalam laman resminya, kolam renang ini mematok harga tiket Rp40.000 untuk Senin-Jumat, dan sebesar Rp45.000 di akhir pekan.

Harga Tiket Kolam Renang Karang Setra Bandung
Senin – Jumat Rp40.000
Sabtu – Minggu Rp45.000

Harga Sewa
Pelampung Ban Single Rp25.000
Pelampung Ban Double Rp45.000
Pelampung Ban Hitam Rp10.000
Kereta Udara Rp10.000
Anak usia 3 tahun ke atas wajib membeli tiket masuk.

Jam Buka Kolam Renang Karang Setra

Kolam Renang Karang Setra Waterland dibuka setiap hari, pada pukul 08.00 – 16.00.

1. Seluncur Seru di Kolam Naga

Salah satu ikon andalan Kolam Renang Karang Setra Waterland adalah kolam naga. Di wahana satu ini, pengunjung diajak merasakan serunya meluncur di dalam perut naga sepanjang 15 meter. Di sini, pengunjung diajak terjun bebas dari perut naga, sebelum ‘terlempar’ menuju kolam.

Dengan desain naga meliuk dan melingkar-lingkar dari ketinggian, wahana ini menguji adrenalin pengunjung. Tak perlu khawatir tenggelam. Kolam yang disediakan di bawah naga ini dangkal, sehingga tidak akan membahayakan pengunjung.


Kolam Renang Karang Setra Waterland salah satu waterpark pertama di Bandung.

2. Keceriaan Menanti Ember Tumpah

Bermain di Water Park, tak lengkap rasanya jika tak menjumpai Ember Tumpah. Di Kolam Renang Waterland, wahana ini dinamai dengan Aqua Play. Ember berukuran besar ini akan menumpahkan air dalam jumlah banyak ketika isinya penuh.

Di wahana ini, pengunjung bisa merasakan sensasi hujan lebat mengguyur seluruh tubuh. Wahana yang disukai anak-anak ini juga menyediakan perosotan berbagai ukuran. Sambil menunggu air penuh, pengunjung bisa bermain perosotan atau ban pelampung.

3. Bermain Seluncuran Waterboom

Pengunjung yang menyukai tantangan, bisa mencoba wahana Waterboom. Di sini tersedia peluncuran Waterboom yang cukup tinggi dan panjang. Dengan dua buah jalur dengan ketinggian 12 meter. Jalur berwarna biru memiliki panjang 86 meter, dan warna kuning sepanjang 82 meter.

Selain seluncuran Waterboom, ada banyak lagi seluncuran di waterpark ini. Salah satunya Pelangi Slider, yang menyediakan empat tempat berseluncur dengan warna berbeda. Meski tak setinggi Waterboom, seluncuran satu ini pun tak kalah seru.


Beragam permainan dan wahana di Kolam Renang Karang Setra salah satunya seluncuruan.

4. Bermain di Kolam Rasa di Pantai

Wahana lainnya yang aman untuk anak-anak adalah Kolam Pantai. Kolam ini mirip tepian pantai dengan beberapa sisi yang dibuat landai. Di sini, air kolam tidak terlalu dalam. Anak-anak pun akan terhibur dengan patung binatang yang mulutnya bisa mengeluarkan air.

5. Kolam Arus untuk Pengunjung yang Ingin Bersantai

Bagi pengunjung yang ingin bermain air tapi tetap santai, Kolam Arus jadi jawabannya. Di sini, pengunjung bisa bermalas-malasan di atas ban pelampung seraya menyusuri arus air. Dengan arus pelan searah, pengunjung tak perlu lelah mendorong atau mendayung ban.

Sambil menyusuri Kolam Arus, pengunjung disuguhi pemandangan di sekitar Kolam Renang. Dan nantinya pengunjung akan melintasi area air terjun yang dibuat menyerupai asli. Sebuah pengalaman berlayar yang layak dicoba para pengunjung.


Lelah bermain di berbagai wahana, langsung beristirahat di kolam berarus tenang.

Sering Digunakan Para Perenang Profesional

Dahulu di awal pendiriannya, Kolam Renang Karang Setra Waterland difungsikan untuk kolam renang atlet. Namun seiring waktu, tempat ini dikembangkan pula menjadi ruang bermain air bersama keluarga. Bahkan, arena rekreasi airnya kini cukup lengkap.

Akan tetapi tujuan utama didirikannya kolam ini tak dilupakan. Kolam Renang Karang Setra Waterland menyediakan kolam berstandar olimpiade bagi mereka yang ingin latihan serius. Para atlet nasional kerap menjadikan wilayah bernama Kolam Prestasi ini sebagai pusat pelatihan.

Kolam Prestasi ini disediakan untuk orang dewasa atau mereka yang sudah mahir berenang. Terdapat wahana lompat tinggi, disertai dengan dasar kolam yang dalam di bawahnya. Tempat ini juga menyediakan pelatihan olahraga menyelam.


kolam untuk latihan atlit renang
Kolam disini juga sering dijadikan tempat latihan para atlet renang profesional.

Wahana Seru Lainnya dan Fasilitas yang Lengkap

Terdapat cukup banyak wahana lainnya yang tak kalah menyenangkan. Ada Sepeda Udara dan Balon Air, Aqua Water, dan Dewaruci Miniatur. Di sini pun ada sejumlah arena tambahan seperti Mini Cinema dan Banteng Ngamuk.

Pun, fasilitas lengkap di Kolam Renang akan membuat para pengunjung nyaman. Ada gazebo, kedai makanan, musholla, tempat parkir luas, bahkan ruang guru. Terdapat pula penyewaan peralatan renang, tikar, dan ban pelampung.

 

lihat juga tempat wisata lainnya di sini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.