Wisata Rohani Pesantren Daarut Tauhid Bandung

Salah satu destinasi wisata religi yang patut masuk ke dalam daftarmu adalah pondok pesantren Daarut Tauhiid, yang berpusat di Kota Bandung, Jawa Barat.

Pondok pesantren yang didirikan oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) ini memiliki sejumlah aktivitas inti di dalamnya.

Mulai dari aktivitas di bidang pendidikan, dakwah & sosial.

Penasaran seperti apa isi dari Daarut Tauhiid Bandung? Yuk kita wisata bersama-sama!

Eits, tapi karena PSBB masih diberlakukan demi memutus rantai penyebaran virus corona, kita jalan-jalan virtual dulu ya!


Makna dari pemberian nama Daarut Tauhiid
Dilansir dari The Journey Alif TV, Ustadz Alek Kuswandi selaku Sekretaris Yayasan Daarut Tauhiid menceritakan tentang makna nama pondok pesantren tersebut.

Daarut Tauhiid terdiri dari dua kata, yaitu Daarut dan Tauhiid. Daarut bermakna nama sebuah tempat atau kampung. Sedangkan Tauhiid artinya mengesakan Allah.

Sehingga arti dari Daarut Tauhiid adalah kampung yang mengesakan Allah, baik dalam perkataan, perbuatan, dan dari dalam hati.

Cita-cita dari Aa Gym saat membuat pondok pesantren tersebut adalah agar tempat tersebut menjadi tempat yang lingkungannya mengesakan Allah SWT.
Latar belakang Aa Gym dalam membentuk Daarut Tauhiid
Dulu, lingkungan tempat Daarut Tauhiid Bandung didirikan belum seperti yang diharapkan.
Lalu dibuatlah pesantren yang tidak memiliki batas. Santri di dalam pesantren Daarut Tauhiid adalah mereka yang ada di lingkungan tersebut. Mulai dari pedagang, tukang becak, supir angkot, tidak sebatas mereka yang ‘mondok’ saja. Secara tempat pun demikian, pesantren Daarut Tauhiid tidak dibatasi benteng atau sekat dalam bentuk apa pun. Semua menyatu dan terintegrasi berbaur dengan masyarakat sekitar. Jika dilihat dari gambar berikut ini, bahkan pesantren Daarut Tauhiid tidak memiliki gerbang.
Hal ini disebabkan konsep berbaur yang diterapkan. Bahkan, pedagang di sekitar sana juga punya pengajiannya sendiri lho.
Terdapat banyak fasilitas olahraga di pesantren Daarut Tauhiid, bahkan berkuda dan memanah!

Aktivitas olahraga sangat didukung dengan fasilitas yang ditawarkan pesantren ini. Salah satu fasilitas olahraga yang dimiliki oleh Daarut Tauhiid adalah lapangan futsal. Lapangan tersebut digunakan untuk berolahraga, sekaligus sebagai tempat untuk mengadakan pertemuan atau acara.

Bukan hanya itu, pengelola Daarut Tauhiid juga mengembangkan fasilitas olahraga berkuda dan memanah sekaligus wisata. Olahraga sambil menjalankan ibadah sunnah, ditawarkan oleh Daarut Tauhiid di sini. Biasanya selama Ramadan, peserta yang mengikuti kegiatan berkuda atau memanah juga harus membaca Alquran sebanyak 1 juz.

Tak ketinggalan, peserta juga mendapatkan pemahaman tentang olahraga sunnah. Program di Daarut Tauhiid dibuat untuk segala usia.

Program-program yang terdapat di Daarut Tauhiid dibuat untuk segala usia. Dari mulai playgroup, usia sekolah, bahkan hingga program untuk masa keemasan. Untuk program masa keemasan, adalah pesantren yang diikuti peserta di usia lanjut, misalnya seperti pensiunan.

Lantaran ada berbagai program yang tersedia, kegiatan yang berlangsung di pesantren Daarut Tauhiid juga bervariasi. Secara umum, peserta mulai bangun pada pukul 02.00 pagi untuk sholat tahajud hingga sholat Subuh berjamaah, lalu dilanjutkan dengan mengikuti kajian. Setelah itu, sarapan pagi, lalu kegiatan belajar mengajar dilakukan pada pukul 07.00.


Lingkungan di sekitar pesantren sangat bersih berkat setiap individu di sana
Tak ada sampah yang berserakan sama sekali di lingkungan sekitar pesantren.

Hal ini disebabkan pembelajaran bukan hanya di kelas, tapi juga diaplikasikan pada keseharian.

Salah satunya adalah pembelajaran bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman.
Terdapat pula aktivitas ekonomi dalam lingkungan Daarut Tauhiid
Aktivitas ekonomi di dalam lingkungan Pesantren Daarut Tauhiid juga memiliki intensitas yang tinggi.

Semangat wirausaha sendiri sangat melekat pada diri Aa Gym selaku pendiri dan pemimpin sentral di Pesantren Daarut Tauhiid. Di sejumlah literasi, banyak cerita perjalanan hidup Aa Gym yang diliputi dengan terjadinya proses tumbuh kembang jiwa wirausaha pada diri beliau.

Jiwa itulah yang kemudian menjadi sebuah semangat wirausaha yang mewarnai corak Pesantren Daarut Tauhiid yang dipimpin olehnya secara langsung.

Selamat berkunjung ke ponpes Daarut Tauhid Bandung.

 

lihat juga tempat wisata lainnya di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.