Resep wedang uwuh dan cara membuatnya

hanjuang.comWedang uwuh merupakan salah satu jenis minuman khas tradisional yang ada di indonesia. Indenesia  yang kaya akan aneka macam rempah-rempah yang bisa dijadikan racikan minuman yang menyehatkan serta bisa membuat badan jadi segar dan menambah daya tahan tubuh. Racikan minuman tradisional yang satu ini sangat bermanfaat kala musim hujan tiba. Wedang uwuh merupakan salah satu minuman warisan leluhur yang sangat menyehatkan. Minuman ini berasal dari Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Imogiri.

Secara etimologi, “wedang” dalam bahasa Jawa berarti “minuman”. Sedangkan “uwuh” berarti “sampah”. Sampah yang dimaksud adalah sampah dedaunan.

Wedang uwuh terbuat dari rempah-rempah yang ada di indonesia yang mudah ditemukan serta mudah juga cara pembuatannya. bahannya antara lain ; daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang hingga gula batu. Wedang uwuh memiliki rasa pedas dengan sensasi segar.

Dikutip dalam buku Wedang Uwuh oleh Dr. Sri Suryaningsum, S.E, M.Si, Ak., C.A dan Dra Anis Siti Hartanti, M.Si menuliskan beberapa manfaat berdasarkan komposisi wedang uwuh.

adapun cara peracikannnya sebagai berikut ;

  1. Bakar jahe dan geprek hingga pipih.
  2. Rebus jahe hingga sarinya keluar dan campurkan cengkeh, daun cengkeh, kayu manis, daun pala, kayu secang dan gula batu.
  3. Rebus semua bahan selama 15 menit.
  4. Angkat setelah warna air rebusan berubah merah. Sajikan tanpa disaring.

Setelah jadi sebaiknya wedang uwuh langsung dinikmati dalam keadaan hangat. Selamat mencoba.

Kunjungi juga jenis minuman tradisional lainnya disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.