Aneka minuman tradisional khas indonesia untuk oleh-oleh

Aneka-minuman-kopiSebagai negara kepulauan yang luas, Indonesia mempunyai banyak aneka ragam budaya, adat dan tentu saja makanan dan minuman. Untuk aneka minuman tradisional khas indonesia untuk oleh-oleh , banyak sekali minuman khas tradisional Indonesia yang terbuat dari rempah-rempah dan diolah secara alami maupun modern.

Minuman Tradisional Indonesia sering di jumpai dikehidupan sehari hari. Minuman tersebut ada yang untuk melepas dahaga dan ada juga yang mempunyai manfaatnya untuk kesehatan.

Contoh minuman tradisional Indonesia diantaranya Cendol, Bajigur, Sekoteng, Es Teler, Minuman Lahang, Es Doger, Wedang Ronde.

1. Cendol

Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan.

2. Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.

3. Sekoteng

Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti.

4. Minuman Lahang

Lahang diperoleh dari sadapan pohon aren. Yang disadap adalah bunga jantannya. Cara menyadapnya pun tidak sembarangan. Para petani biasanya akan berangkat lebih awal untuk menyadap aren agar kesegarannya terjaga. Konon pada kondisi tertentu air dari bungan jantan pohon aren ini bila terlambat menyadap akan berubah menjadi cuka atau tuak.

5. Es Doger

Es yang sangat populer di wilayah kebudayaan Betawi ini banyak dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga. Dewasa ini, es doger juga sering menjadi salah satu menu minuman untuk acara hajatan seperti pesta perkimpoian dan sebagainya.

12. Wedang Ronde

Wedang ronde merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa. Wedang sendiri berarti minuman. Wedang ronde adalah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde. Biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling, dan potongan roti di dalam minuman tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*