Aneka Minuman Tradisional

 

Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya dan alam. Keberagaman tersebut juga terlihat dari aneka minuman tradisional dari berbagai pelosok nusantara yang merupakan minuman khas dari daerah tersebut.

Bandrek, bajigur, sekoteng, wedang ronde, bir pletok, cendol, es doger merupakan minuman-minuman yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Di bawah ini beberapa minuman tradisional khas dari berbagai pelosok nusantara yang masih jarang terekspos.

 

Teh Talua
teh telurTeh Talua atau Teh Telur adalah minuman khas Sumatera Barat yang merupakan menu wajib di warung tradisional maupun restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung. Teh talua biasanya diminum oleh para petani yang hendak meladang, sebagai penambah stamina kerja.

 

 

 

 

 

 

Es palu butung

ms_es_palu_butungEs palu butung adalah jenis minuman tradisional asal Makassar, Sulawesi Selatan. Biasa Anda temui di restoran yang menyediakan makanan khas Makassar. Rasanya yang lezat dan segar, serta bentuk penyajian yang menarik dan berwarna hijau segar membuat minuman ini layak Anda coba buat sendiri di rumah.

 

 

Es Wedang Lombok

wedang_lombok1Mendengar nama es wedang lombok, orang yang tidak suka makanan pedas mungkin akan langsung mengacuhkan minuman ini. Namun ceritanya pasti akan berbeda ketika telah meminumnya. Rasa segar dan plong ditenggorokan tatkala menenggak es wedang lombok akan diakhiri dengan rasa hangat di badan terlebih jika pada cuaca yang dingin.

Es wedang lombok, sebenarnya diracik dari rempah-rempah tradisional khas Jawa seperti jahe, kayu manis, merica, dan serei. Cabe yang dimasukkan secara utuh ke dalam minuman, sebenarnya lebih berperan sebagai variasi yang menciptakan nuansa hangat, tak jauh berbeda dengan jahe. Bahan-bahan untuk membuat es wedang lombok adalah bahan tradisional Jawa jahe, kayu manis, merica, dan serei.

Masih banyak lagi minuman tradisonal yang berasal dari berbagai pelosok daerah.  Beberapa juaga  sudah diproduksi dalam bentuk serbuk dikemas sachet, seperti yang diproduksi oleh Cintek dengan produknya hanjuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*