Artikel Minuman Khas Budaya Sunda

 

Aneka Minuman Unik dan Berkhasiat Nusantara

Banyak sekali artikel minuman khas budaya sunda yang ditulis di internet, ini menggambarkan begitu banyaknya orang yang mencari artikel ini dan yang lainnya tertarik untuk menulis baik itu di web, blog, maupun di forum-forum.

Artikel ini banyak mengupas tentang berbagai jenis minuman khas sunda, yang diantaranya adalah :

Cendol

cendol
Cendol juga merupakan khas sunda yang berasal dari tepung beras, dihidangkan dengan dicampur es serut dan gula merah cair dengan ditambahkan santan. Rasanya manis dan gurih. Cendol sangat dinikmati dalam keadaan cuaca yang panas terik, memberikan efek yang menyegarkan. Cendol termasuk ke dalam 45 minuman terenak di dunia.

 

Goyobod

 1

Es campur ini rasanya seunik namanya, punya ciri khas adonan hunkue atau kanji yang dipotong-potong. Rasanya yang kenyal gurih saat berpadu dengan alpukat dan kelapa muda jadi makin enak saja.

 

Bajigur

bajigur

Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili. Minuman yang disajikan panas. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin.

 

Bandrek

Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia yang dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrek yang paling penting adalah jahe dan gula merah.

 

Itulah beberapa minuman yang berasal dari jawa barat yang sudah dikenal masyarakat umum. Kebanyakan minuman-minuman tersebut dijual oleh penjual-penjual keliling dengan gerobaknya. Khusus untuk bandrek dan bajigur, sekarang sudah ada yang dijual dalam bentuk serbuk dan dikemas dalam kemasan sachet. Salah satu produsennya membuat dengan merek jual hanjuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*