Bahan Pembuatan Bandrek

bandrekkkkkkkkkkkSaat musim hujan , dan cuaca dingin yang menembus kulit, kita membutuhkan minuman yang dapat menghangatkan badan. Minuman yang mampu menghangatkan badan salah satunya adalah Bandrek. Minuman Bandrek merupakan salah satu minuman tradisional yang menjadi ciri khas Sunda. Bandrek merupakan salah satu minuman yang biasa ditemukan diseluruh Jawa Barat. Minuman ini dibuat dari bahan pembuatan bandrek yang berasal rempah-rempah dengan bahan pilihan.

Bahan rempah Jahe serta gula aren adalah dasar yang paling penting, namun untuk daerah tertentu biasanya ditambahkan bahan lain agar sesuai dengan keinginan dan lidah daerah yang bersangkutan. Hal ini dilakukan agar bandrek lebih hangat dan terasa manfaatnya.

Sekarang ini sudah mudah ditemukan di warung terdekat yang menjual bandrek instan.Selain dalam bentuk instant, banyak juga yang ingin membuat sendiri sebagai bentuk dari memuaskan rasa penasaran.  Tidak ada salahnya bila mencoba untuk membuat  resep minuman bandrek ini.

Bahan pembuatan bandrek :

  1. gula merah 200 gr, diiris halus
  2. jahe  100 gr, dibakar kemudian dimemarkan
  3. satu ruas jari kayu manis
  4. setengah  sendok teh garam
  5. dua lembar daun pandan
  6. lima butir cengker
  7. satu liter air

Cara Membuat resep minuman bandrek :

  1. Rebus air, gula merah, daun pandan, jahe, cengkeh, garam, dan kayumanis hingga mendidih sehingga tercium aroma yang cukup sedap.
  2. Kemudian saring.
  3. Tambahkan kolang kaling rebus yang telah diiris atau bisa juga sari kelapa.
  4. Sajikan selagi hangat.

Tapi jika anda repot silahkan nikmati mudahnya membuat bandrek dari Hanjuang.com yang telah siap saji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*