Berbagai Macam Minuman Traditional

Dari sabang sampai merouke berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia. Apa itu Bandrek Petikan lagu nasional diatas menunjukan bahwa begitu luasnya wilayah Indonesia. Luas wilayah yang terbentang dari sabang sampai merouke menyajikan menu minuman yang menjadi ciri khas dan keunikan dari daerah tersebut. Berbagai Macam Minuman Tradisional beberapa diantaranya  merupakan ciri khas daerah :

Es Cendol

Es Cendol salah satu minuman khas Indonesia yang dibuat dari tepung beras, disajikan dengan es serut serta gula merah cair dan santan kelapa. Memiliki Rasa manis dan gurih.

Tepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau dari daun pandan karena memberi efek wangi pada cendol yang dihasilkan kemudian di cetak melalui saringan khusus hingga membentuk buliran.Beer Pletok

Bir Pletok mungkin sebagian besar dari anda pernah mendengarnya atau sering juga mendengar. Bir Pletok merupakan salah satu minuman khas dari etnik betawi. Bir Pletok  dibuat dari tumbuh tumbuhan rempah-rempah yang banyak tumbuh di negeri ini.

Bir Pletek ini merupakan suatu bentuk perlawanan kaum Betawi pada masa penjajahan Belanda yang umumnya Religius. Bir ini ingin menunjukan bahwa orang betawi juga memiliki minuman penghangat seperti juga minuman bir meneer Belenda pada saat itu. Bir Pletok digunakan untuk  menyegarkan dan menghangatkan badan.

Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.

Minuman yang disajikan panas ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah kulub cau (pisang rebus),boled (ubi jalar), katimus (parut ketela pohon) dan huwi (umbi khas Sunda).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*