Cara Membuat Bajigur

Cara membuat bajigur itu sangat mudah, dan bahan-bahannya pun banyak terdapat di pasar, baik pasar tradisional maupun di toko-toko swalayan. Salah satu karakter dari bajigur adalah manis dan gurihnya. Manisnya didapat dari bahan aren sedangkan gurihnya dari santan yang merupakan bahan utama.

Bahan-bahan untuk membuat bajigur adalah : 1 liter santan,  150 gr gula merah (aren) yang disisir halus; 2 lembar daun pandan, 5 cm kayu manis,   2 sendok teh kopi bubuk (kalau suka).

Sedangkan membuatnya sebagai berikut : Rebus bahan bajigur yaitu santan, daun pandan dan kayu manis sambil diaduk di atas api kecil sampai harum. Masukkan gula aren yang sudah disisir halus lalu aduk sampai gula larut, lalu tambahkan kopi (kalau suka). Saring dan sajikan hangat. Tambahkan irisan kolang-kaling rebus atau irisan roti berbentuk dadu untuk menambah kenikmatan.

Sekalipun mudah, tetapi tidak setiap orang bisa atau sempat untuk membuatnya. Beruntung kalau memang di daerahnya suka ada penjual keliling bajigur yang suka dijajakan dengan panganan lainnya sepert : ubi rebus, pisang rebus, kacang rebus, ciu dan lain-lain. Tetapi di kota-kota besar, penjual keliling bandrek itu sudah sangat jarang ditemukan.

Bajigur Kantong Kertas

Beruntung sekarang sudah ada produk minuman tradisional, khususnya bajigur yang berbentuk serbuk dan dikemas dalam sachet satu kali seduh. Cara penyajiannya pun sangat mudah, cukup mencampurkan satu scahet bajigur instan dengan satu gelas air panas atau hangat. Tetapi sebenarnya minuman bajigur itu juga dapat disajikan sebagai minuman dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*