Jamu Tradisional Beas Cikur ala Hanjuang.com

Anda pecinta jamu tradisional? Tentu kenal dengan minuman yang satu ini yaitu Beas Cikur. Beas (bahasa Sunda) yang berarti Beras dan cikur yang berarti kencur adalah minuman tradisional yang biasanya menjadi menu yang ditawarkan oleh penjaja jamu tradisional. Kalau dulu untuk mencicipinya kita mesti menunggu kedatangan mbak jamu gendong lewat, namun sekarang kita bisa menikmatinya kapan saja dan dimana saja.

Rasa jamu beas cikur yang manis dan segar apalagi komposisinya yang ditambah rempah-rempah menjadikan minuman ini bukan sekedar jamu saja namun cocok juga dikonsumsi sebagai minuman ringan. Jamu beras kencur (beas cikur) merupakan salah satu ramuan jamu yang dipercaya secara turun temurun oleh orang tua kita memiliki berbagai khasiat antara lain; meningkatkan nafsu makan, menghilangkan pegal linu dan rasa cape, menghilangkan batuk, menyembuhkan penyakit maag, dan ada juga yang mencampurnya dengan madu sebagai minuman untuk meningkatkan vitalitas pria.

Bahan utama beras kencur adalah beras (yang dihaluskan) dan rimpang kencur. Campuran beras dan kencur mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung merasa lapar. Jamu beras kencur juga jika diminum secara rutin bisa membantu menebalkan dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag (untuk penyembuhan maag ini jangan dicampur dengan rimpang jahe dan untuk asam kawak boleh sedikit saja). Rasa manis minuman ini berasal dari gula merah (gula kelapa atau gula aren) sedangkan kencur menyumbang rasa sedikit pedas saat beras kencur diminum, untuk menambah rasa pedas jamu beras kencur ini biasanya ditambah rimpang jahe secukupnya.

Beras kencur juga tidak hanya dimanfaatkan sebagai minuman, dengan komposisi yang berbeda beras kencur juga dapat dijadikan obat keseleo ataupunĀ  memar dengan cara dioles. Coba tanyakan saja pada orang tua zaman dahulu, bila anaknya jatuh atau terbentur si ibu akan mengunyah segenggam beras dan kencur, lalu hasil kunyahannya di oleskan pada bagian yang sakit.

Beas Cikur HanjuangBagi Anda yang ingin mencoba minuman beras kencur, hanjuang.com memiliki produk yaitu Beas Cikur Hanjuang yang dibuat dari bahan-bahan pilihan 100% alami, tanpa pengawet, dengan racikan komposisi yang tepat dan diolah secara teliti dan higienis sehingga menimbulkan rasa dan aroma yang khas. Komposisi utama produk ini adalah kencur, jahe, beras, krim, gula palem dan rempah-rempah. Tersedia dalam kemasan sachet dan renteng dalam bentuk serbuk yang siap saji. Tinggal diseduh dengan air panas (hangat) minuman beas cikur ini sudah siap dinikmati, atau jika ingin variasi bisa juga disajikan dingin.

Kalau Anda masih berpikir minum jamu itu pahit dan tidak enak, sepertinya anggapan ini bisa berubah setelah mencicipi minuman beas cikur ini. Berani mencoba?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*